PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PENCAK SILAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar pencak silat Siswa Kelas VIII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 25 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase.
Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar teknik dasar pencak silat dari Pra Tindakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar Pra Tindakan hasil belajar teknik dasar pencak silat siswa yang tuntas sebesar 40% dan tidak tuntas sebesar 60% dengan rincian jumlah siswa yang tuntas adalah 10 siswa dan tidak tuntas adalah 15 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 68% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 17 siswa. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 88% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 22 siswa. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar pencak silat siswa kelas VIII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen tahun ajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.