Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket melalui Pendekatan Latihan Berulang (Drilling) pada Siswa Kelas XI 8 di SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik yang belum mampu melakukan dribbling bola basket dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dribbling melalui penerapan metode latihan berulang (drilling). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA N 2 Semarang dengan subjek penelitian sebanyak 33 peserta didik kelas XI 8. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, sebanyak 24 dari 33 siswa atau sebesar 72,72% mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II, terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas menjadi 30 orang atau sebesar 90,9% dengan rata-rata nilai 83. Temuan ini menunjukkan bahwa metode drilling dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket. Dengan demikian, penggunaan metode latihan berulang dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik peserta didik, khususnya dalam keterampilan dasar bola basket.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armai, Arief. Pengertian Metode Drill, Jakarta : Bumi Aksara, 2018. hasibuan, J. J. dan Mujiono. Proses Belajar Mengajar, Bandung : Rosdakarya, 1993.
Candra, B. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Pemainan Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014, 141 – 145.
Danny Kosasih. 2008. Fundamental Basketball. Semarang: Karmedia.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Sartini, Wa Ode Sitti, and Muhammad Rusli. "MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN METODE DRILL." Fair PlayJournal 1.1 (2019).
Refbacks
- There are currently no refbacks.