Pengaruh Penggunaan Model Gamifikasi terhadap Keterampilan Dasar Futsal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model gamifikasi terhadap peningkatan keterampilan dasar futsal. Gamifikasi merupakan penerapan elemen permainan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan total sampling sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan dasar futsal, yang meliputi passing, dribbling, controlling, dan shooting. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Nilai t-hitung sebesar 5,602 lebih besar dari t-tabel 1,761, sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model gamifikasi terhadap peningkatan keterampilan dasar futsal siswa. Penerapan gamifikasi terbukti mampu menciptakan suasana latihan yang lebih menarik, menyenangkan, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif peserta. Model gamifikasi dapat menjadi alternatif metode pembelajaran dalam pendidikan jasmani untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam penguasaan teknik dasar olahraga futsal. Penelitian ini juga memperkuat pentingnya pendekatan inovatif dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif, menarik, dan bermakna bagi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.