Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Passing Bolabasket
Abstract
Keterampilan passing dalam olahraga bola basket adalah kemampuan motorik fundamental yang sangat krusial, namun hasil pengamatan menunjukkan bahwa keterampilan passing pemain di Leviathan Basketball Academy masih berada pada tingkat yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam memperbaiki keterampilan passing tersebut. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain pretest-posttest, di mana 21siswa mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran passing dengan pendekatan berbasis masalah. Data diperoleh melalui pengujian keterampilan passing sebelum dan sesudah perlakuan, dan dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan passing siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah, dengan nilai signifikansi (sig) mencapai 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif untuk memperbaiki kemampuan passing siswa, yang menunjukkan bahwa metode ini memiliki potensi untuk diterapkan lebih luas dalam konteks pendidikan jasmani dan olahraga. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang bagaimana metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan motorik dasar pada anak-anak. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menyelidiki penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam keterampilan olahraga lainnya.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.