Pengaruh Penambahan Gurney Flap pada Airfoil Jenis Mshd pada Mobil Fastback dengan Variasi Ketinggian Gurney Flap dan Kemiringan Sudut Airfoil Dengan Metode Permodelan CFD

Naufal Ikhsan Alfajri, Dominicus D. P. Tjahjana, Ph.D, Budi Kristiawan

Abstract

Faktor aerodinamika merupakan faktor penting dalam mendesain suatu kendaraan. Faktor aerodinamika menjadi penting karna sangat berpengaruh pada performa kendaraan dan faktor keselamatan dari kendaraan itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan faktor aerodinamika pada kendaraan darat (ground vehicle) adalah dengan menambahkan rear wing dengan Gurney Flap. Penggunaan rear wing dengan Gurney Flap ini dapat meningkatkan nilai koefisien lift negatif dari suatu kendaraan, sehingga meningkatkan performa mobil pada saat kecepatan tinggi dan pada saat berbelok ataupun mengerem.  Penelitian ini akan membahas tentang karakteristik aerodinamik dari salah satu jenis high lift airfoil yaitu airfoil MSHD dengan penambahan Gurney Flap dengan variasi kemiringan sudut serang dari airfoil, dan ketinggian dari Gurney Flap. Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan variasi airfoil yang diberikan yang dipasang pada ahmed body dengan kemiringan sudut rear slant 15⁰ atau menyerupai mobil tipe sedan (fastback). Simulasi digunakan dengan computational fluid dynamic (CFD) dengan variasi 3 kemiringan sudut airfoil yaitu 0⁰, 7,5⁰, dan 15⁰ dan 5 ketinggian Gurney Flap sebesar 0%, 0,5%, 1%, 1,5% dan 2% dari panjang chord line untuk setiap kemiringan sudut airfoil. Hasil dari penelitian ini, didapat nilai koefisien lift/drag terendah pada variasi kemiringan sudut airfoil 15⁰ dengan ketinggian Gurney Flap 2%c dengan nilai -1,465 yang terdapat peningkatan nilai sebesar 17,77% dibandingkan dengan tanpa Gurney Flap.


Faktor aerodinamika merupakan faktor penting dalam mendesain suatu kendaraan. Faktor aerodinamika menjadi penting karna sangat berpengaruh pada performa kendaraan dan faktor keselamatan dari kendaraan itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan faktor aerodinamika pada kendaraan darat (ground vehicle) adalah dengan menambahkan rear wing dengan Gurney Flap. Penggunaan rear wing dengan Gurney Flap ini dapat meningkatkan nilai koefisien lift negatif dari suatu kendaraan, sehingga meningkatkan performa mobil pada saat kecepatan tinggi dan pada saat berbelok ataupun mengerem.  Penelitian ini akan membahas tentang karakteristik aerodinamik dari salah satu jenis high lift airfoil yaitu airfoil MSHD dengan penambahan Gurney Flap dengan variasi kemiringan sudut serang dari airfoil, dan ketinggian dari Gurney Flap. Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan variasi airfoil yang diberikan yang dipasang pada ahmed body dengan kemiringan sudut rear slant 15⁰ atau menyerupai mobil tipe sedan (fastback). Simulasi digunakan dengan computational fluid dynamic (CFD) dengan variasi 3 kemiringan sudut airfoil yaitu 0⁰, 7,5⁰, dan 15⁰ dan 5 ketinggian Gurney Flap sebesar 0%, 0,5%, 1%, 1,5% dan 2% dari panjang chord line untuk setiap kemiringan sudut airfoil. Hasil dari penelitian ini, didapat nilai koefisien lift/drag terendah pada variasi kemiringan sudut airfoil 15⁰ dengan ketinggian Gurney Flap 2%c dengan nilai -1,465 yang terdapat peningkatan nilai sebesar 17,77% dibandingkan dengan tanpa Gurney Flap.


Full Text:

PDF

References

S. Banga, N. A. Ansari, S. Sharma, and R. S. Dungriyal, “CFD Simulation of Flow around External Vehicle : Ahmed Body,” vol. 12, no. 4, pp. 87–94, 2015.

A. T. Fox, Robert W.; Pritchard, Philip J.; McDonald, Introductions to Fluid Mechanics, 8th ed. Manhattan, 2011.

E. L. Houghton and N. B. Carruthers, Aerodynamics for engineering students. Third edition. 1982.

S. S. PAKKAM, “High Downforce Aerodynamics for Motorsports,” 2011.

M. Agathangelou, Ben; Gascoyne, “Aerodynamic Design Considerations of a Formula 1 Racing Car,” no. 724, 2018.

J. J. Wang, Y. C. Li, and K. Choi, “Gurney Flap — Lift enhancement , mechanisms and applications,” vol. 44, pp. 22–47, 2008.

P. Madharia, M. M. Tiwari, K. Ravi, and A. General, “Computational Simulation of Ahmed Body with Varying Nose radius , Ground height & Rear Slant angle,” Int. J. Res. Appl. Sci. Eng. Technol., vol. 3, no. 5, pp. 925–932, 2015.

S. Kesarwani, Y. Jayas, and V. Chhalotre, “CFD Analysis Of Flow Processes Around The Reference Ahmed Vehicle Model,” Int. J. Eng. …, vol. 3, no. 3, pp. 775–780, 2014.

L. Tianshu and J. Montefort, “Thin-airfoil theoretical interpretation for Gurney Flap lift enhancement,” J. Aircr., vol. 44, no. 2, pp. 667–671, 2007.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.