Pengoptimalan Kepuasan Karyawan dalam Upaya Penguatan Keberlanjutan Badan Usaha Milik Desa

Vi'in Ayu Pertiwi, Destyana Elingga Pratiwi, Deny Meitasari

Abstract

Badan Usaha Milik Usaha (BUMDes) menjadi salah satu tumpuan harapan masyarakat desa dalam peningkatan kesejahteraan. Masyarakat menggantungkan hidup dengan menjadi karyawan pada BUMDes. Totalitas kerja demi peningkatan profit BUMDes dilakukan oleh karyawan. Tingkat kepuasan karyawan menjadi sangat penting dalam peningkatan kinerja BUMDes. Maka perlu diukur kinerja BUMDes dalam memberikan pelayanan terhadap anggota karyawan sebab hal tersebut berbanding lurus terhadap performa BUMDes. Tingkat kepuasan dan kepentingan karyawan BUMDes diperlukan untuk merumuskan kebijakan pengembangan yang tepat pada sumberdaya manusia BUMDes agar mampu memenuhi perannya dalam meningkatkan kinerja BUMDes. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis atribut yang dipertimbangkan oleh karyawan dalam bekerja di BUMDes dan tingkat kepuasan karyawan terhadap kinerja BUMDes dalam memfasilitasi karyawan. Penelitian dilakukan di BUMDes Sumber Sejahtera, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu judgement sampling dengan responden karyawan BUMDes. Analisis data dilakukan dengan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index) untuk mengukur tingkat kepentingan dan kepuasan karyawan terhadap fasilitas BUMDes. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan karyawan terhadap BUMDes cukup memuaskan namun perlu diperhatikan beberapa hal terkait kinerja BUMDes terhadap kepuasan karyawan yang didominasi oleh atribut pada variabel kebijakan gaji dan promosi, kepemimpinan dan sebagian atribut dalam variabel kepuasan kerja dan hubungan dengan rekan kerja. Diharapkan BUMDes dapat memperhatikan kebijakan gaji dan promosi karyawan serta kepemimpinan yang mendominasi sebagai atribut yang harus segera ditangani sesegera mungkin sehingga dapat meningkatkan kepuasan karyawan demi pengoptimalan kinerja BUMDes.

Kata kunci: BUMDes; karyawan; kepuasan; kesejahteraan; usaha

References

Aritonang R., L. R. (2005). Kepuasan pelanggan: Pengukuran dan penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim, S., I. T., Abdullah, I., Kamaluddin, & Mas’ad. (2019). Faktor penghambat dan pendukung Badan Usaha Milik Desa pada kawasan pertambangan emas di Sumbawa Barat. Sosiohumaniora, 21(3), 349–354. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i3.23464

Juliman, & Muslimin, A. (2019). Optimalisasi tatakelola badan usaha. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 471–483.

Kasnadi, & Indrayani, R. (2019). Importance of the performance analysis (IPA) and customer satisfaction for determining the service strategies through the servqual model approach. Journal of Management and Business, 18(1), 25-31. https://doi.org/10.24123/jmb.v18i1.352

Khoirunurrofik, K. Y. R., & Wiguna, G. E. (2021). Reformulasi dana desa untuk mewujudkan transfer berbasis kinerja: Momentum peningkatan peran di masa pandemi. Indonesian Treasury Review (Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik), 6(1), 47–60. https://doi.org/10.33105/itrev.v6i1.278

Mafini, C., & Pooe, D. R. I. (2013). The relationship between employee satisfaction and organisational performance: Evidence from a South African government department. SA Journal of Industrial Psychology, 39(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajip.v39i1.1090

Musa, R., Pallister, J., Robson, M., & Mohd D., N. (2010). Application of importance‐performance analysis (IPA) to formulate customer satisfaction strategies in the direct sales industry in Malaysia. Business Strategy Series, 11(5), 277–285. https://doi.org/10.1108/17515631011080687

Ramadhani, P. D., Koestiono, D., & Maulidah, S. (2014). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja pelayanan pemasok bunga potong krisan. Habitat, 25(3), 151–161.

Raziq, A., & Maulabakhsh, R. (2015). Impact of working environment on job satisfaction. Procedia Economics and Finance, 23(October 2014), 717–725. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00524-9

Salehnia, N., Zabihi, S. M. G., & Safarzaei, K. (2020). The impact of Covid-19 pandemic on tourism industry: A statistical review in european countries. 2nd International Conference on Geography and Tourism Development and Sustainable Development (CDIS), October, 1–11.

Sartika, I., & Wargadinata, E. (2020). Assesing determinant factor on community rural tourism in developing countries. Sosiohumaniora, 22(2), 223–232. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.23476

Sidik, F. (2015). Menggali potensi lokal mewujudkan kemandirian desa. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(2), 115-131. https://doi.org/10.22146/jkap.7962

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon kebijakan: Mitigasi dampak wabah covid-19 pada sektor pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Wicaksana, B. E., Muhaimin, A. W., & Koestiono, D. (2013). Analisis sikap dan kepuasan petani dalam menggunakan benih kentang bersertifikat (Solanum tuberosum L.) (Kasus di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Habitat, 24(3), 184–193.

Wilujeng, F. R., & Kusumo, R. (2018). Analisis kepuasan tenaga kerja outsourcing terhadap pelayanan perusahaan dengan metode importance-performance analysis (IPA). Journal of Industrial Engineering and Management Systems, 11(2), 64–69.

Wyród-Wróbel, J., & Biesok, G. (2017). Decision making on various approaches to Importance-Performance Analysis (IPA). European Journal of Business Science and Technology, 3(2), 123-131. https://doi.org/10.11118/ejobsat.v3i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.