Strategi Pengembangan Buku Ajar Bahasa Mandarin di SMP Kristen Shining Star Sragen

Ulfah Yanuar Lianisyah, Rudiansyah Rudiansyah, Tati Sugiarti, Quinta Avenida, Dian Prasetyo Adi

Abstract

Artikel ini mengulas tentang ‘Strategi Pengembangan Buku Ajar Bahasa Mandarin di SMP Kristen Shining Star Sragen’. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan penyusunan buku ajar bahasa Mandarin kepada para guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi lapangan, Focus Group Discussion (FGD), serta pemanfaatan buku, jurnal, serta sumber-sumber literatur yang relevan. Dalam mengajar bahasa Mandarin kepada siswa, hendaknya para guru memiliki metode mengajar yang interaktif, serta di dukung dengan buku ajar yang sesuai dengan tingkatan dan kebutuhan. Buku ajar yang efektif sebaiknya mencakup elemen-elemen budaya dan konteks yang relevan untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan bahasa Mandarin secara praktis. Kurikulum yang diterapkan, serta karakteristik para siswa menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun dan menyelaraskan buku ajar, sehingga di harapkan dapat memudahkan siswa di dalam belajar bahasa Mandarin. Hasil dari penelitian ini yaitu, dilakukannya simulasi dan uji coba pembelajaran bahasa Mandarin kepada para guru dan siswa dengan buku ajar yang di formulasikan dengan acuan kurikulum merdeka. Pada tahap akhir, para guru dan siswa memberikan komentar positif dan rasa puas terkait pengalaman dan manfaat yang di dapatkan selama pelatihan dan simulasi berlangsung sebagai umpan balik dari kegiatan yang telah dilakukan oleh tim RG Sinologi UNS.

Kata kunci: Buku Ajar; Bahasa Mandarin; Pengembangan; Pengabdian Masyarakat; SMP Kristen Shining Star Sragen

References

Ashburn, E. A., & Floden, R. E. (Eds.). (2006). Meaningful learning using technology: What educators need to know and do. Teachers College Press.

Budianto, P., & Laurencia, N. (2014). Keterkaitan New HSK dan Kurikulum Bahasa Mandarin di Perguruan Tinggi. Lingua Cultura, 8(1), 16-21. https://doi.org/10.21512/lc.v8i1.437

Djatmika, D., Santosa, R., Wiratno, T., Sugiarti, R., Wibowo, A. H., Sugiarti, T., & Rudiansyah, R. (2023). Affect and Characterization in Narrative Texts Written by Senior High School Students. Register Journal, 16(2), 323-343.

Dewi, N. C., Budianingsih, T., & Ekowati, S. H. (2023). Eksplorasi Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Deiksis Sosial Bahasa Mandarin bagi Pemelajar Pemula. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 389-400. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.664

Handayani, E., & Haryanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Muatan Khusus Bahasa Mandarin di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 38-47. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.12474

Hernina, H. (2020). Evaluasi Laporan Pelaksanaan Tugas Tenaga Pengajar BIPA Wilayah ASPASAF Masa Tugas 2015-2018. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 2(1), 28-35.

Kaboel, A. R., Sulanti, N. M., Thung, J. L., & Wibowo, I. (2010). Bahasa Mandarin di Mana-Mana: Studi Kasus di Wilayah DKI Jakarta. Setelah Air Mata Kering (Masyarakat Tionghoa Pasca-Peristiwa Mei 1998), pp. 208-231. Jakarta: Kompas.

Lianisyah, U. Y., Sugiarti, T., & Rudiansyah, R. (2022). Analisis Motivasi dan Kesulitan Belajar Bahasa Mandarin Mahasiswa Indonesia non-Keturunan Tionghoa di Universitas Sebelas Maret Indonesia. Jurnal Cakrawala Mandarin, 6(2), 48-55. http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v6i2.189

Sugiarti, T., Kusumaningtyas, D. P. S., Phanata, S., Rudiansyah, R., & Lianisyah, U. Y. (2022). Analisis Fonologis Konsonan Bahasa Mandarin z, c, zh, ch Mahasiswa Semester 2 Program Studi D-3 Bahasa Mandarin Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Cakrawala Mandarin, 6(2), 1-13. http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v6i2.193

Sutami, H. (2016). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 2(2), 212-239. https://doi.org/10.17510/paradigma.v2i2.28

Sutami, H. (2007). Kekhasan pengajaran bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, 9(2), 222-237. https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i2.214

Trihardini, A. (2022). Strategi Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ. https://doi.org/10.31219/osf.io/nrczx

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wikarti, Aprilia Ruby., & Zelia, V. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 23-41.

Zahroh, S. H., Sarwanto, S., Sukarmin, S., Haryani, F. F., Ekawati, E. Y., Fauzi, A., & Sunarno, W. (2024). Profil Keterlaksanaan Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Fisika Fase F di MGMP Fisika SMA Kabupaten Sukoharjo. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 13(1), 92-99.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.