Transformasi Edukasi Digital Di SMAN 1 Surakarta: Pemberdayaan Guru Melalui E-learning dan pemanfaatan teknologi AI

Rudi Hartono, Nanang Maulana Yoeseph, Agus Purbayu, Sahirul Alim Tri Bawono, Abdul Aziz, Agus Purnomo

Abstract

Di era digital saat ini, pembelajaran digital telah menjadi salah satu aspek fundamental dalam dunia pendidikan. Transformasi pendidikan ke arah digital mencakup penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar serta memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memberikan akses yang lebih luas kepada pendidik dan siswa terhadap sumber daya dan informasi, sehingga pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan personal. Dengan kemudahan akses ke materi pelajaran dan pembelajaran yang disesuaikan dengan kecepatan individu, pembelajaran digital juga meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong kolaborasi melalui berbagai aplikasi dan media sosial. Sebagai bagian dari upaya transformasi ini, pengabdian yang dilakukan oleh D3TI Sekolah Vokasi UNS di SMAN 1 Surakarta pada 15 dan 16 Agustus 2024 bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui topik "Penggunaan AI untuk Mendukung Pembelajaran" dan "Teknis Penggunaan Tool untuk Pembuatan Media Pembelajaran." Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 55 guru, dan hasil kuesioner pascapelatihan menunjukkan bahwa 70% guru (46 orang) telah menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Dampak positif ini tidak hanya terlihat pada peningkatan kompetensi guru, tetapi juga pada kualitas pembelajaran yang diberikan, di mana 60% guru melaporkan adanya dampak signifikan terhadap proses pembelajaran di SMAN 1 Surakarta.

Full Text:

PDF

References

Amin, A. K. (n.d.). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar.

Aprian, D. D., Panggabean, T. F., Rachman, H. A., Putra, Y. S., Simatupang, J., & Satwika, P. A. (2024). Sosialisasi Platform Kolaborasi Online Dalam Lingkungan Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Transformasi Teknologi.

Astriani, Y., & Marzuki, I. (2021). PJJ: DIGITAL TRANSFORMASI DARING PADA EVALUASI PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID -19. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4205

Aziz, T., Wanto, D., & Kusen, K. (1970). Manajemen Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning Pasca Pandemi di MTs Negeri 01 Kepahiang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 176–183. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.18446

Cahyanto, I. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM E-LEARNING BERBASIS CLOUD COMPUTING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Edum Journal, 6(2), 18–31. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.144

Dewantara, I. P. M., Nurjaya, I. G., & Tantri, A. A. S. (n.d.). KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DAN HYBRID LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL.

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF DIGITALISASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2). https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2610

Ng, D. T. K., Leung, J. K. L., Su, J., Ng, R. C. W., & Chu, S. K. W. (2023). Teachers’ AI digital competencies and twenty-first century skills in the post-pandemic world. Educational Technology Research and Development, 71(1), 137–161. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10203-6

Rosmilawati, I. (2017). KONSEP PENGALAMAN BELAJAR DALAM PERSPEKTIF TRANSFORMATIF: ANTARA MEZIROW DAN FREIRE.

Sindi Septia Hasnida, Ridho Adrian, & Nico Aditia Siagian. (2023). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488

Slawomir Wojniusz Yngve Røe & Annette Hessen Bjerke. (2022). The Digital Transformation of Higher Education Teaching: Four Pedagogical Prescriptions to Move Active Learning Pedagogy Forward. 6.

unesco. (2024a, September 10). Artificial intelligence and the Futures of Learning. Https://Www.Unesco.Org/En/Digital-Education/Ai-Future-Learning.

unesco. (2024b, September 18). Transforming education with digital learning. Https://Www.Unesco.Org/Sdg4education2030/En/Articles/Transforming-Education-Digital-Learning.

Wardono, H. R. I., Susanti, R., Wijayanti, Y., & Cahyati, W. H. (n.d.). Tantangan Transformasi Digital pada Masa Pandemi Covid – 19 Pendidikan Tinggi Vokasi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

weforum. (2024, April 28). The future of learning: How AI is revolutionizing education 4.0. Https://Www.Weforum.Org/Agenda/2024/04/Future-Learning-Ai-Revolutionizing-Education-4-0/.

Wohlfart, O., & Wagner, I. (2023). Teachers’ role in digitalizing education: An umbrella review. Educational Technology Research and Development, 71(2), 339–365. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10166-0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.