Pendampingan dan peningkatan kompetensi praktek biologi mikroskopis bagi siswa SMP Djama’atul Ichwan, Surakarta

Elisa Herawati, Shanti Listyawati, Tetri Widiyani, Agung Budiharjo, Okid Parama Astirin

Abstract

Biologi mikroskopis mempelajari organisme pada level seluler dan menjadi bagian tak terpisahkan dari pengetahuan IPA modern. Di SMP Djama’atul Ichwan Surakarta, keterbatasan fasilitas membuat pembelajaran konsep-konsep biologi mikroskopis sulit dibarengi dengan pengalaman praktek di laboratorium sekolah. Mitra mengharapkan ada pendampingan untuk meningkatkan kompetensi praktek pada mata pelajaran biologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi praktek dan wawasan umum siswa mengenai biologi mikroskopis yang tercakup dalam materi IPA di SMP. Kompetensi praktek biologi mikroskopis yang belum maksimal pada mitra berakar dari tidak adanya laboratorium IPA, media praktikum, dan mikroskop. Tim PKM UNS menghadirkan solusi berupa program pendampingan kepada siswa selama satu semester yaitu, 1) pengenalan mikroskop dan aplikasinya; 2) praktek membuat preparat mikroskopis sederhana sesuai materi SMP; 3) pengadaan mikroskop cahaya; modul praktikum; foldscope untuk mitra; 4) komunikasi selama semester berjalan dan umpan balik mengenai aktivitas praktikum dengan mikroskop di SMP. Keberhasilan kegiatan dapat dilihat dari indikator skor pre-/post-test, aktivitas praktikum, dan pengadaan mikroskop untuk SMP. Siswa menjadi paham prinsip kerja dan aplikasi mikroskop untuk visualisasi struktur seluler dan jaringan, hal ini tampak dari peningkatan skor post-test (>25% kenaikan skor) pada 72% siswa. Pada sesi praktikum, siswa mampu membuat dua preparat berbeda untuk diamati dengan mikroskop dan diidentifikasi bagian-bagiannya. Selanjutnya, siswa dapat melakukan praktek mandiri di SMP menggunakan mikroskop dari investasi kegiatan pengabdian ini

 

Kata kunci: kompetensi praktik, biologi mikroskopis

Full Text:

PDF

References

Adewoyin, AS. and Nwogoh, B., 2014, Peripheral blood film - a review. Ann Ib Postgrad Med, vol 12(2):71-9.

Herawati, E., Astirin, OP., Budiharjo, A., Listyawati, S., Widiyani, T., 2020, Praktek Dasar Kultur Jaringan Mamalia untuk Meningkatkan Wawasan Bioteknologi Di Man 2 Surakarta. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), Solo, Oktober 2020. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.853

Herawati, E., Setyawan, VA., Listyawati, S., 2023, Peptida Kolagen Ikan Layang Biru (Decapterus macarellus) Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Mencit, J Phar Clin Res, vol 8(2): 278-290. https://doi.org/10.20961/jpscr.v8i2.74260

Hofstein, A. and Lunetta, VN., 2004, The laboratory in science education: Foundations for the twenty-first century. Sci Ed, vol 88: 28-54. https://doi.org/10.1002/sce.10106

Peraturan Mentri Nomor 47 Tahun 2023 tentang Standar Pengelolaan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Lee, MH., Liang, JC., Wu, YT., Chiou GL., Hsu, CY., Wang CY., Lin, JW., Tsai, CC., 2020, High School Students’ Conceptions of Science Laboratory Learning, Perceptions of the Science Laboratory Environment, and Academic Self-Efficacy in Science Learning. Int J of Sci and Math Edu, vol 18, 1–18. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09951-w

Liu, D., Zhao, X., Zeng, X., Dan, H., Chen, Q., 2016, Non-Invasive Techniques for Detection and Diagnosis of Oral Potentially Malignant Disorders, The Tohoku J of Experimental Med, vol 238(2): 165-177. DOI: 10.1620/tjem.238.165

Momsen, J., Speth, EB., Wyse, S., Long, T., 2022, Using Systems and Systems Thinking to Unify Biology Education. CBE Life Sci Educ, vol 21(2):es3. https://doi.org/10.1187/cbe.21-05-0118

Maryana, OFT., 2021, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII. Kemdikbudristek. Jakarta. pp 220. https://static.buku.kemdbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPA-BS-KLS-VIII.pdf

Saraswati, N., 2024, Ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) pada Penyembuhan Luka Eksisi Mencit (Mus musculus) Setelah Pemberian Topikal Gel Kolagen Kulit Ikan Decapterus macarellus, Skripsi, Prodi Biologi Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Nedu, M-E., Tertis, M., Cristea C, Georgescu AV., 2020, Comparative Study Regarding the Properties of Methylene Blue and Proflavine and Their Optimal Concentrations for In Vitro and In Vivo Applications. Diagnostics, vol 10(4):223. https://doi.org/10.3390/diagnostics10040223

Sheppard, K. and Robbins, DM., 2007, High school biology today: what the Committee of Ten said. CBE Life Sci Educ, vol 6(3):198-202. doi: 10.1187/cbe.07-03-0013

Titisari, RS., Herawati, E., Astirin, O. P., 2023, Oral intake of collagen hydrolysate from mackerel scad (Decapterus macarellus) attenuates skin photoaging by suppressing the UVB-induced expression of MMP-1 and IL-6. J Complement Integr Med, vol 15;21(1):71-79. doi: 10.1515/jcim-2023-0209

Vu, QH., Van, HT., Tran, VT., Huynh, TDP., Nguyen, VC., Le, DT., 2021, Development of a robust blood smear preparation procedure for external quality assessment. Pract Lab Med, vol 18;27: e00253. doi: 10.1016/j.plabm. 2021.e00253

Wollman, AJ., Nudd, R., Hedlund, EG., Leake, MC., 2015, From Animaculum to single molecules: 300 years of the light microscope. Open Biol, vol 5(4):150019. doi: 10.1098/rsob.150019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.