Fasilitasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Mitigasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar di SD Sukodadi 2 Kecamatan Bandongan
Abstract
Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka dengan konsep merdeka belajar, memberikan banyak kemudahan untuk guru dan siswa untuk belajar sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya. Hal baru yang ada adalah terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dimana tidak semua sekolah memahami secara utuh konsep projek yang diinginkan oleh pemerintah. Guru belum memahami tentang pentingnya projek, perencanaan projek masih belum optimal, pendampingan dari dinas terkait belum optimal, projek masih berorientasi produk belum berorientasi proses. Permasalahan tersebut kemudian diakomodir, dan butuh intervensi dari pihak luar salah satunya dari tim Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT). Metode pelakasanaan yang digunakan dalam pengabdian disesuaikan dengan tahapan pengabdian, yaitu team based project untuk langkah strategis projek, brainstorming dan focus group disccussion dalam penyusunan instrumen, experiental learning dalam pendampingan projek, dan exploratory data analysis dalam refleksi projek. Hasil pengabdian secara kualitas pengabdian terlaksana dengan baik dan keberlanjutan program ini mengarahkan pada pengembangan serta kemandirian guru dalam mengoptimalkan projek. Pengabdian ini dilakukan untuk sekolah yang secara mandiri menerapkan kurikulum merdeka, dan menyelesaikan permasalahan di perencanaan, pelaksanaan, evaluasi projek. Keberlanjutan projek penguatan profil pelajar pancasila bisa dilanjutkan melalui perubahan mindset, kolaborasi, dan komunitas praktisi.
The 2013 curriculum change to an independent curriculum with the concept of independent learning provides many conveniences for teachers and students to learn according to their talents, interests and potential. What is new is related to the project to strengthen the Pancasila student profile (P5), where not all schools fully understand the concept of the project desired by the Government. Teachers need to understand the importance of projects; project planning is still not optimal, assistance from related agencies is not optimal, and projects are still product-oriented, not process oriented. These problems were then accommodated, and needed intervention from outsiders, one of which was from the integrated community service team (PPMT). the implementation methods used in this service are team-based projects for strategic project steps, brainstorming and focus group discussions in preparing instruments, experiential learning in project assistance, and exploratory data analysis in project reflection. The results of the service in terms of the quality of the service are carried out well, and the sustainability of this program leads to the development and independence of teachers in optimizing projects. This service is carried out for schools that independently implement an independent curriculum and solve problems in planning, implementing, and evaluating projects. The project's continuation to strengthen Pancasila students' profile can be continued through changes in mindset, collaboration, and a community of practitioners.
Full Text:
PDFReferences
Baihaqi Rifqi, A. (2021). Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Karakter Dan Literasi Sains Siswa Kelas Iv Sd Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412
Cantika, V. M. (2022). Inovasi Kurikulum. Jurnal UPI, 19(1), 171–184.
Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967
Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 58-66. Universal Pendidikan, april 2017, 8–22.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2022). Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46.
Nurjanah, S. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Pelajar (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila di Kalangan Pelajar). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1).
Prahesti, D. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Peran Dasadharma Pramuka. Edutama.
Rasidi, G. I., & Purwandari, S. (2015). Iptek Bagi Masyarakat Kepramukaan Di Kabupaten Magelang. Jurnal Transformasi, 11(2), 183–188. http://ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/JT/article/view/63
Rasidi, Istiningsih, G., & Pinilih, S. S. (2020). Mitigasi Sampah Plastik Sebagai Peningkatan Kesadaran Lingkungan Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Mertoyudan. The 12th University Research Colloqium 2020, 1–13.
Rasidi, Istiningsih, G., & Purwandari, S. (2017). Kompetensi kepala sekolah dalam instructional leadership sd negeri berpotensi bencana di kabupaten magelang. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 46–56.
Rasidi, R., & Istiningsih, G. (2020). Analisis Nilai dan Sikap Kemanusiaan dalam Kepedulian Siswa Sekolah Dasar pada Daerah Berpotensi Bencana Gunung Merapi di Kabupaten Magelang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41051
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Yasa, I. M. A. (2021). Optimalisasi Pengabdian Masyarakat Pada Sekolah Paud Binaan. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4387
Zamzania, A. W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.