Fermentasi Kulit Singkong dengan MOL Tape Reject sebagai Upaya Pengolahan Limbah Pertanian dan Mengatasi Limbah Sentra Industri Tape di Bondowoso

Himmatul Khasanah, Roni Yulianto, Nur Widodo, Desy Cahya Widianingrum, Rahmat Ubaidillah

Abstract

Pengembangan pakan berbahan dasar limbah industri dan limbah pertanian dapat digunakan sebagai strategi dalam mengatasi limbah dari pencemaran lingkungan dan menciptakan pakan inovatif. Bondowoso merupakan kota yang terkenal dengan produksi tape. Permasalahan dalam industri pembuatan tape adalah kulit singkong tidak dimanfaatkan dan tape reject yang tidak layak jual. Kulit singkong selama ini sering diberikan secara cuma-cuma pada karyawannya, namun terkadang juga tidak ada karyawan yang mau mengambil sehingga limbah menumpuk di gudang pabrik. Kulit singkong yang dimanfaatkan secara langsung sebagai pakan ternak menyumbang nilai nutrisi yang rendah dan sering menyebabkan masalah kesehatan ternak karena kandungan sianida pada limbah ini. Penerapan teknologi fermentasi pada pengolahan kulit singkong sangat tepat dalam memecahkan masalah mitra. Penggunaan tape reject sebagai bahan dasar MOL pada fermentasi yang akan dilakukan merupakan win-win solution yang diunggulkan pada kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah memanfaatkan tape reject sebagai bahan dasar MOL dan mengubah kandungan nutrisi kulit singkong yang rendah dengan proses fermentasi untuk menghasilkan pakan inovatif. Program pengabdian dilakukan dalam 4 tahapan kegiatan yaitu sosialisasi kegiatan, pelatihan pembuatan MOL dengan bahan tape reject, praktek pembuatan fermentasi kulit singkong, serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mitra dan masyarakat sekeliling industri, menciptakan lingkungan bersih dan sehat, serta menghasilkan pakan inovatif, aman, dan berkualitas bagi ternak. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancer meliputi: sosialisasi dan koordinasi awal kegiatan dengan pemilik Tape 57, pelatihan dan demonstrasi pembuatan MOL dan pelatihan dan demonstrasi pembuatan pakan

Full Text:

PDF

References

Akhadiarto, S., 2016, Pemanfaatan limbah kulit singkong, kulit pisang dan kulit kentang sebagai bahan pakan ternak melalui teknik fermentasi. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol.10, NO. 3, 257-263.

Badan Pusat Statistik. 2020. Produksi Singkong Nasional. Diakses pada https://payakumbuhkota.bps.go.id/indicator/53/201/1/ubi-kayu.html Mei 2022.

Balogun, O. B., Adeleke, B. S., Owoseni, I. , 2021. Characterization of bacteria isolates from fermented cassava steeping water. International Journal of Applied Biology, Vol. 5 No. 2, 190-199.

Khasanah, H., Purnamasari, L., Kusbianto, D. E., 2020. Pemanfaatan Mol (Mikroorganisme Lokal) Sebagai Substitusi Biostarter EM4 Untuk Meningkatkan Kualitas Nutrisi Pakan Fermentasi Berbasis Tongkol Dan Tumpi Jagung. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner (Pp. 357-364).

Purnamasari, L., Krismaputri, M. E., Khasanah, H., & Widodo, N. (2020). Peningkatan Kemandirian Peternak Desa Klabang Melalui Village Breeeding Center dan Penerapan Teknologi Pengolahan Pakan Lokal. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), Vol. 9, No. 2, 15-24.

Sari, F. D. N., Astili, R., 2018, Kandungan asam sianida dendeng dari limbah kulit singkong. Jurnal Dunia Gizi, Vol. 1, No. 1, 20-29

Simbolon, N., Pujaningsih, R. I., Mukodiningsih, S, 2016, Pengaruh berbagai pengolahan kulit singkong terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik secara in vitro, protein kasar dan asam sianida, Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan (Indonesian Journal of Animal Science), Vol. 26, No. 1, 58-65.

Widianingrum, D. C., Khasanah, H., 2021, Tren perkembangan, kondisi, permasalahan, strategi, dan prediksi komoditas peternakan Indonesia (2010-2030). The 2nd Conference of Applied Animal Sience 2021. Vol. 2, 6-17. DOI; https://doi.org/10.25047/animpro.2021.1

Wikanastri, H., Suyanto, A., Utama, C. S. , 2012, Aplikasi proses fermentasi kulit singkong menggunakan starter asal limbah kubis dan sawi pada pembuatan pakan ternak berpotensi probiotik. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, Vol. 1, No. 1.

Winata, V. Y., 2015. Kualitas biskuit dengan kombinasi tepung kacang mete (annacardium occidentale l.) dan tepung kulit singkong (Manihot esculenta). Skripsi. Program Studi Biologi, Fakulyas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogjakarta.

Yulianto, R., Nur Widodo, N., Widianingrum, D. C., Khasanah, H, 2021, Bioteknologi Fermentasi Jerami Padi Tinggi Nutrisi, Guna Meningkatkan Kemandirian dan Kesejahteraan Peternak di Desa Kalibendo. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), Vol. 2, No. 1, 23-32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.