Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing Pada UMKM Sirup Parijoto

Keke Tamara Fahira, Rozaq Muhammad Yasin

Abstract

Tingginya kebutuhan konsumen terhadap pangan menjadikan pelaku usaha yang bergerak dalam bidang kuliner berperan penting dalam penyediaan makanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga dalam hal ini menjadi perhatian dan tugas penting bagi seluruh pihak baik pemerintah maupun produsen makanan untuk menjaga keamanan pangan yang diproduksinya, baik dari segi gizi, kebersihan, keamanan, kehalalan dan lain sebagainya. Salah satu program pemerintah dalam menjamin produk makanan aman untuk dikonsumsi masyarakat adalah dengan mengeluarkan izin edar berupa izin PIRT (pangan industri rumah tangga) dan Sertifikasi Halal yang merupakan jaminan resmi dari pemerintah untuk dapat beredar dan aman dikonsumsi bagi seluruh konsumen. PIRT dikeluarkan melalui badan pengawas yaitu Dinas Kesehatan yang terdapat di suatu Kabupaten. Seiring dengan hal tersebut, berbagai peluang untuk melakukan peningkatan kinerja pemasaran muncul melalui platform marketplace.Pengabdian ini melakukan pendekatan pemberdayaan pemanfaatan PIRT, Sertifikasi Halal dan digital marketing melalui platform marketplace untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan kinerja pemasaran. Melalui pengabdian ini terjadi peningkatan nilai produk dengan memperoleh izin PIRT, Sertifikasi Halal dan jangkauan pasar yang lebih luas dengan menggunakan platform marketplace pada produk sirup parijoto.

 

Kata kunci: Digital Marketing; PIRT; Sertifikasi Halal; Sirup Parijoto

Full Text:

PDF

References

Penulis mengucapkan terimakasih banyak kepada banyak pihak terkait yang membantu terlaksananya kegiatan ini. Ucapan Terimakasig kepada Universitas Muria Kudus melalui LPPM yang telah memfasilitasi program pengabdian ini. Terimakasih kepada kelompok mitra UMKM Sirup Parijoto di Desa Colo. Semoga program pengabdian ini memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan UMKM Sirup Parijoto di Desa Colo serta kemajuan perekonomian Kabupaten Kudus.

Daftar Pustaka

Ab Talib, M. S., & Mohd Johan, M. R. (2012). Issues in halal packaging: a conceptual paper. International Business and Management, 5(2), 94-98.

Abror, M. S. W., Kabib, M., & Setiawan, H. (2019). Proses Manufaktur Mesin Pengaduk Sirup Parijoto Dengan Kapasitas 10 Liter Setiap Proses. SNATIF, 5(2), 270-276.

Ardila, I., Sembiring, M., & Azhar, E. (2020). Analisis literasi keuangan pelaku UMKM. Proceedings seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora, 216–222.

Arrohimi, A. F., Syarafina, I., Adiatno, I., Aqmarina, T., & Bahrudin, B. (2021). Upaya Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM Masyarakat Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(5), 167-179.

Disnakerperinkopukm. (2020). Pelaku UMKM Kuliner Ikuti Pelatihan Produksi. https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id/?s=umkm

Gumilang, R. A. (2021). Analisis Minat dan Hambatan UMKM di Sekitar Pasar Tradisional Kabupaten Bandung dalam Menggunakan Online Delivery Service. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. 12, 948-952.

Hadiwinata, K., Mundzir, H., & Muslim, and S. (2020). Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Dan Branding Bisnis Di Era Pandemi Covid-19. Senabisma, 2, 62–68.

Laili, R. R., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Body Lotion Citra (Studi Kasus Mahasiswa Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 8(6), 743-752.

Maharani, A., Arifin, R., & Suharto, M. K. A. B. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Pelanggan Ms Glow Pada Rentang Usia 18-25 Tahun Di Kota Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 10(13),78–95.

Maryati, T., Syarief, R., & Hasbullah, R. (2016). Analisis Faktor Kendala dalam Pengajuan Sertifikat Halal . ( Studi Kasus : Pelaku Usaha Mikro , Kecil dan Menengah Makanan Beku diJabodetabek ). Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(3), 364–371.

Pertiwi, R. B., Khikmah, N., Novita, D., & Hasbullah, U. H. A. (2018). Pelatihan Pengolahan Buah Parijoto Di Desa Japan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Sebagai Icon Baru Oleh-Oleh Khas Kudus. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 19–26.

Prasetyaningsih, I., Murtini, U., & Hediono, B. P. (2020). Penguatan Organisasi Dan Proses Pengurusan P-Irt Kelompok Usaha Salak Desa Girikerto Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), 49–54.

Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Halal Di Jawa Tengah Dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1-9

Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). 633–642.

Sidiq, Y., & Mumpuni, K. E. (2014). Identifikasi Variasi Genetik Parijoto (Medinilla Javanensis (Bl.) Bl. dan Medinilla Verrucosa (Bl.) Bl.) dengan Penanda Molekular Sebagai Sumber Belajar. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, And Learning, 1(11), 667-672.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.