Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Cair, Pemasaran Online Pada Usaha Hidroponik Panti Asuhan Baitul Hikmah Kabupaten Kuburaya
Abstract
Meningkatnya biaya produksi untuk kebutuhan nutrisi dan terbatasnya pemasaran sayuran hidroponik yang dihasilkan menjadi kendala yang dihadapi oleh usaha hidroponik panti asuhan Baitul Hikmah. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1) Peningkatan pengetahuan mitra dalam membuat pupuk organik cair sebagai alternatif pendamping pupuk anorganik yang digunakan, dan 2). Peningkatan sistem pemasaran sayuran hidroponik melalui pemasaran online. Setelah dilakukan pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC), dipraktekkan cara pembuatannya POC serta ditunjukkan bahan-bahan yang harus dipersiapkan mendapat respon positif dan antusias peserta. Hal ini terlihat dari seluruh peserta mengetahui dan paham membuat pupuk organik cair sendiri, dan seluruh peserta atau 100% peserta tertarik untuk membuat pupuk organik cair karena prosesnya mudah dilakukan dan bahan-bahannya mudah didapat dan tersedia disekitar lingkungan panti. Manfaat lain yang diperoleh yaitu POC yang dihasilkan mempunyai nilai ekonomis karena bisa dijual, dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik yang selama ini digunakan sehingga mengurangi biaya produksi, POC ini diaplikasikan oleh mitra untuk mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia dan sebagai upaya untuk menjual produk hidrponik yang organik. Penjualan produk sayur hidroponik mitra yang sebelumnya dilakukan secara langsung kepada pengunjung dan langganan tetap, sekarang mulai meningkat dengan menggunakan pemasaran secara online melalui Instagram dan Facebook.
Kata kunci : hidroponik; pupuk organik cair; panti asuhan; pemasaran online
Full Text:
PDFReferences
Ekawati, I., Wati, H. D., & Isdiantoni, I. (2022). PKM Penyuluhan Usaha Sayuran Hidroponik Desa Karang Anyar. Jurnal ABDIRAJA, 5(1), 63–68.
Ekawati, Rahmatullah Rizieq, & Hery Medianto Kurniawan. (2020). Pemanfaatan Lahan Pekarangan dalam Mendukung Ketahanan Pangan Rumah Tangga Melalui Metode Vertikultur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 454–460.
Ekawati, & Rizieq, R. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Pendapatan Perajin Gula merah Melalui Penggunaan Bahan Tambahan Pangan dan Pemasaran Online. Jurnal Maren, 2(1), 99–105.
Ferijal, T., Jayanti, D. S., & Nurba, D. (2017). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sempit dengan Teknologi Aquaponik dalam Rangka Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Gampong Kandang Kecamatan Darul Imarah Kabupaten A ... In M. Yasar, Mustaqimah, & D. Nurba (Ed.), Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat Berbasis LEISA (Nomor September 2017, hal. 41–57). Syiah Kuala University Press.
Iqbal, M. I., Sadat, M. A., & Azisah. (2020). Analisis Saluran dan Marjin Pemasaran Umbi Porang di Kelurahan Balleangin di Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Agribis, 8(2), 1–12.
Irawati, I., & Salamah, Z. (2013). Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat( Ipomoea reptans Poir.) Dengan Pemberian Pupuk Oorganik Berbagan Dasar Kotoran Kelinci. JURNAL BIOEDUKATIKA, 1(1), 3–14.
Kustiawati Ningsih, H. F. H. S. (2015). Keragaan Usahatani dan Pemasaran Buah Naga Organik. Agriekonomika, 4(2), 168–184.
Maulidasari, C. D., & Damrus. (2020). Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 233–245.
Muhadiansyah, T. O., Setyono, & Adimihardja, S. A. (2016). Efektivitas Pencampuran Pupuk Organik Cair Dalam Nutrisi Hidroponik pada Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada ( Lactuca sativa L .). J. Agronida, 2(4), 37–46.
Nasruddin, W., Musyadar, A., & Gandasari, D. (2020). Perilaku Petani Cabai Merah dalam Perencanaan Pemasaran di Sentra Produksi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Agroekoteknologi dan Agribisnis, 3(2), 37–45.
Nur, M. (2019). Analisis Potensi Limbah Buah-buahan Sebagai Pupuk Organik Cair. In Fi. Masruroh, Nur Aini; Herliansyah, Muhammad Kusumawan;Trapsilawati (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (hal. 28–32). Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.
Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 33–44.
Pratiwi, D. O., & Suparmini, S. (2018). Usaha Tani Cabai Rawit pada Pertanian Lahan Kering di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 13(2), 205–216.
Rianti, E. (2019). Article Kemandirian Anak Panti Asuhan 30 Kemandirian Anak Panti Asuhan PEMBAHASAN Kemandirian. Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 29–34.
Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. 1(2), 43–50.
Savira, R. D., & Prihtanti, T. M. (2019). Analisa Permintaan Ssayuran Hidroponik di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(2), 164–180.
Sugiardi, S., & Ellyta. (2021). Zero Waste Dengan Pengolahan Sampah Basah Rumah Tangga Menjadi Kompos. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-7.
Suripto, T. (2019). Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 8(2), 120–128.
Susi, N., Surtinah, S., & Rizal, M. (2018). Pengujian Kandungan Unsur Hara Pupuk Organik Cair (POC) Limbah Kulit Nenas. Jurnal Ilmiah Pertanian, 14(2), 46–51.
Waliyansyah, R. R., Wibowo, S., & Budirahardjo, S. (2020). Pengelolaan Limbah dan Optimasi Sosial Media Sebagai Pemasaran Online di Desa Jawisari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Join, 1(2), 27–35.
Youlla, D., Ellyta, E., & Widarti, S. (2020). Mengatasi Problematika Sampah Rumah Tangga Di Kota Pontianak. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(1).