Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang

Nurul Rizka Arumsari, Nurzahroh Lailyah, Tina Rahayu

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi stagnan di masa pandemi Covid-19. Banyak sekali UMKM mengalami penurunan penjualan dan tidak bisa berkembang bahkan hampir mengalami kebangkrutan. Kondisi tersebut membuat para pelaku UMKM harus berfikir untuk bisa tetap bertahan demi kelangsungan usahanya. Di masa pandemi Covid-19 banyak konsumen mengurangi interaksi di luar rumah dengan menjaga jarak guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Pelaku UMKM dapat melanjutkan usahanya dengan tetap memenuhi kebutuhan konsumen di masa pandemi dengan mengalihkan pembelian secara online. Beralihnya pembelian secara offline menjadi online (digital), akan mempermudah pelaku UMKM dalam memperluas akses pemasaran. Peran teknologi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap UMKM. Paradigma teknologi yang muncul memanfaatkan potensi UMKM yang lebih kuat serta berkelanjutan. Social media dan E-commerce dapat menjadi wadah penjualan pelaku UMKM. Diketahui bahwa pelaku UMKM belum mengikuti perkembangan digital secara maksimal, terutama karena kurangnya pengetahuan tentang digital marketing. Tujuan program pemberdayaan masyarakat pada UMKM di Kelurahan Plamongansari yaitu untuk memberikan pendampingan pelatihan digital marketing sebagai upaya pengembangan dan perluasan jaringan pemasaran berbasis teknologi (digital). Setelah melakukan pengabdian ini, diharapkan pelaku UMKM di Kelurahan Plamongansari akan terus bersinergi demi keberlangsungan UMKM dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Full Text:

PDF

References

Alford, P., & P., S. J. (2015). Marketing Technology for Adoption by Small Business. The Service Industries Journal, 35(11–12).

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 06(02).

Bird, D. (2007). Commonsense Direct & Digital Marketing. London : Kogan.

Chaffey, D & Smith, P.R (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing. USA : Elsevier.

Chant, M. C., & Wiid, J. A. (2016). The Use of Traditional Marketing Toolsby SMEs in an Emerging Economy: a South African Perspective. Problems and Perspective Management Journal, 12(01).

Gibson, C. (2018). The Most Effective Digital Marketing Strategies & Approaches : A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 2, February 2018

Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small an Medium Enterprises (SMES) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 01(02).

Oktafiyani, F & Rustandi, D (2018). Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20

Ryan, D & Jones, C (2009) Understanding Digital Marketing : Marketing strategies for engaging the digital generation. London : Kogan

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa, Dan Masyarakat, 01(02).

Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H. (2019). Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital. Jurnal Ikraith Ekonomika, 02(02).

Yasmin, A., Tasneem, S & Fatema, K (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration. Volume 1 Issue 5, April 2015, Pages 69-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.