Pengabdian Kepada Masyarakat Penerapan Teori Kaizen untuk Meningkatan Kualitas Usaha Keripik Talas di UKM Asyifa Oleh-Oleh

I Ketut budaraga, Wellas Sri Devi

Abstract

Talas merupakan bahan pangan lokal di Sumatera Barat mempunyai peranan penting untuk menjaga ketahanan pangan. Talas banyak dimanfaatkan sebagai makanan olahan di daerah-daerah. Permasalahan dijumpai pada UKM  Asyifa oleh-oleh perlu adanya peningkatan kualitas dan penerapan manajemen yang baik. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan tambahan informasi penerapan teori KAIZEN untuk peningkatan kualitas produksi kepada UKM  Asyifa Oleh-Oleh. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah kunjungan lapangan disertai dengan ceramah secara timbal balik dilakukan secara langsung dan daring. Dalam diskusi tidak bersifat menggurui agar pesan inovasi yang ingin disampaikan sampai kepada UKM. Materi diskusi yang disampaikan masalah penerapan teori KAIZEN yaitu UKM perlu adanya perencanaan produksi, proses produksi pengolahan talas yang baik, adanya control terhadap mutu produksi serta kegiatan aktivitas selanjutnya, artinya ada usaha  peningkatan mutu secara terus menerus (continuous improvement).   Hasil yang diperoleh UKM menyambut baik masukan tersebut, dan kedepan akan dilaksanakan secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan SDM yang dimiliki oleh UKM Asyifa Oleh-Oleh.  Saat ini prospek pemasaran kripik talas cukup bagus, pemasaran sudah dilaksanakan di wilayah Sumatera Barat dan luar Sumatera Barat. Keripik UKM Asyifa oleh-oleh belum dikemas dengan baik. Adanya UKM ini sangat membantu peningkatan pendapatan masyarakat disekitarnya.      

 

Kata kunci: Produksi, Keripik Talas, Kaizen, Kualitas

Full Text:

PDF

References

Assauri, 1993. Manajemen produksi dan operasi. Lembaga penerbit. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan. 1972. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bharata. Jakarta. 57pp

Direktorat Gizi Depkes RI 1982. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bharata. Jakarta. 57pp

Suhandi, H.Hanafiah, P.Harsono, 2020. Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 10 No.2.

Muchtadi TR, Sugiyono. 1992. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. PAU. Bogor

Parkinson S. 1984. The Contribution Of Aroid in The Nutrition of People In South. The International Society for Tropical Root Crops. Oweri.

Soekartowi, 1995. Analisis Usaha Tani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta

Suhandi, H.Hanafiah, P.Harsono, 2020. Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 10 No.2.

Susilawati,P.N. Zuraida Yursak, Sri Kurniawati, Andi Saryoko, 2021. Petunjuk Teknis Budidaya dan Pengolahan Talas Varietas Beneng. BPTP Banten. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.