Pelatihan Pembuatan Modul Interaktif Berbasis e-Publication Sebagai Suplemen Bahan Ajar MOOC Rumah Vokasi

Herman Saputro, Husin Bugis, Budi Siswanto, Ngatau Rohman

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertugas menyiapkan siswa untuk siap bekerja di industri. Agar tugas itu dapat tercapai, proses pembelajarannya harus berbasis kompetensi kebutuhan industri dan KKNI level 2. Modul pembelajaran yang memenuhi syarat itu sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, padahal modul tersebut saat ini tidak tersedia di sekolah. Untuk dapat menyusun dan mengembangkan modul tersebut perlu dilakukan pelatihan bagi para guru produktif.Pelatihan penyusunan modul interaktif pembelajaran berbasis KKNI dan kompetensi industri didasarkan pada rumusan indikator pembelajaran setiap KD diselaraskan dengan level kompetensi KKNI level 2 sekaligus juga dengan kompetensi industri. Jika ada perkembangan teknologi baru di industri otomotif, sementara di dalam daftar KD belum ada, bisa dan sebaiknya ditambahkan. Pelatihan diberikan kepada guru-guru SMK mitra di Surakarta, jumlahnya sekitar 10 orang. Modul interaktif berbasis e-publikasi digunakan dengan memanfaatkan MOOC Rumah Vokasi. Dengan demikian proses pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkat kualitasnya sehingga kompetensi siswa akan meningkat.

 

Kata kunci : e-publikasi; MOOC;  modul

Full Text:

PDF

References

Aji, Muhammad. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Memahami dan Memelihara Sistem Starter Tipe Konvensional Berbasis Buku Digital Electronic Publication (Epub). Yogyakarta. Diperoleh pada 30 Januari 2017 dari http://lib.unnes.ac.id/21688/1/5201409004-S.pdf

Chuang, Y.T. (2015). SSCLS: A Smartphone-Supported Collaborative Learning System. Telematics and Informatics, 32(3), 463–474.

Fidler, Roger. (1997). Mediamorphosis: Understanding New Media. California: Pine Forge Press.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. edisi, 2(1), 132-139.

Purnama, F. J., Kusumah, I. H., & Komaro, M. (2015). Keterlaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK untuk menjadi Pekerja Teknisi Otomotif berdasarkan Tuntutan SKKNI. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 199-209.

Reich, J. (2015). Rebooting MOOC research. Science, 347(6217), 34-35.

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. N. P. K. (2011). Taksonomi Bloom. Jurnal: Pusdiklat KNPK, 766(1), 1-7.

Saputro, H., Ranto, R., Bugis, H., & Rahmawan, M. Y. A.(2021). Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Berbasis Kkni Dan Kebutuhan Industri Guru-Guru Smk Kota Surakarta Program Keahlian Teknik Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 14(1), 1-11.

Southeast Asian Ministers of Educatioan Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO SEAMOLEC). (2014). Buku Sumber: Buku Digital.

Suwarno, Wiji. (2011). Perpustakaan & Buku / Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.