Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Menunjang Penyelenggaraan Kelas Virtual di SMAN 1 Kemusu Boyolali

Umi Salamah, Wiharto Wiharto, Esti Suryani, Nurcahya PT Prakisya, Sigit Setyawan

Abstract

Peluncurkan Rintisan Kelas Virtual di Jawa Tengah adalah inovasi di tengah pandemi Covid-19, dimana tujuannya memberi pendidikan bagi yang miskin dan putus sekolah. Karena dilaksanakan virtual, para guru di SMAN 1 Kemusu Boyolali sebagai salah satu pilot project kegiatan ini, dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran sebagai penunjang proses belajar mengajar. Penggunaan Teknologi Informasi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan. Video menjadi media pilihan karena mengutamakan kekuatan suara dan gambar. Dengan video diharapkan siswa lebih mudah mengingat dan memahami apa yang diajarkan guru. Namun, penggunan video dalam pembelajaran terkendala kurangnya kemampuan sebagian besar guru dalam mengolah video untuk membuat materi bahan ajar. Untuk itu perlu dilakukan pendampingan pembuatan video pembelajaran di SMAN 1 Kemusu. Tahapan dalam kegiatan ini: (1) persiapan, membuat konsep video dengan matang dan penyiapan materi, (2) pelatihan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran, (3) implementasi dan evaluasi. Hasil kuisioner peserta pendampingan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan penggunaan video pada proses pembelajaran virtual dan juga peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Bisa disimpulkan, tujuan pendampingan yaitu meningkatkan kompetensi para guru dalam membuat video pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar pada kelas virtual dapat tercapai dengan baik.

Full Text:

PDF

References

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157 Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994 Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. http://tip.ppj.unp.ac.id Jasmiati, J. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis IT melalui IHT di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 73. https://doi.org/10.24036/fip.100.v19i1.503.000-000 Jatengdaily.com. (2021). Jateng Luncurkan Kelas Virtual bagi Anak Putus Sekolah. https://jatengdaily.com/2020/jateng-luncurkan-kelas-virtual-bagi-anak-putus-sekolah/ Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press. Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kraton-Kencong. JINOTEP, 3(2). Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyelenggaraan Kelas Virtual. Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568 Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367 Widoyoko, E. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Seminar Nasasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelitia Tindakan Kelas. Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda, S. I. W. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237. Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) Untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’unnur Bululawang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1), 469–482.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.