Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “YAYANT” di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19

Bambang Harjito, Puput Apriyani, Wardatul Jannah

Abstract

Pandemi Covid-19 yang muncul di beberapa negara, termasuk Indonesia membawa dampak perubahan yang cukup besar dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat, tak terkecuali sektor ekonomi. Masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada dalam setiap aktivitasnya. Hal ini tentu berpengaruh terhadap perilaku masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli yang semula dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli beralih ke transaksi berbasis online. Salah satu bisnis yang harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi ini adalah UMKM di Kelurahan Jenggrik, Kabupaten Sragen. UMKM ini bergerak dibidang produksi camilan, berupa keripik pisang, roti semprong, walangan, dan pangsit. Demi membantu pelaku UMKM beradaptasi secara optimal dalam menghadapi era digital ini maka dilakukan kegiatan pelatihan digital marketing sebagai strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dan mempertahankan eksistensi bisnis di masa pandemi. Metode pelaksanaan dimulai dengan mengidentifikasi potensi desa, pengumpulan data potensi UMKM, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM memperoleh pengetahuan mengenai digital marketing dan mampu mengaplikasikannya secara mandiri untuk memperluas pemasaran berbasis online secara efektif dan efisien

Full Text:

PDF

References

Ardiana, B., dan Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya, Jurnal Majemen dan Kewirausahaan, 12(1), 42-55. Arianto, Bambang. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233-247. Pratiwi, Ratih & Riki R.S. (2021). Pelatihan Digital Marketing Strategy di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 982-987. Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan UMKM di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89-95. Tajvidi, R., & Karami, A. (2021). The effect of social media on firm performance. Computers in Human Behavior, 115, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.026 Tanoto, S.R., dan Evelyn. (2019). Financial Knowledge, Financial Wellbeing and Online Shopping Addiction among Young Indonesians. Jurnal Majemen dan Kewirausahaan, 2(1), 32–40. Tashanova, D., Sekerbay, A., Chen, D., Luo, Y., Zhao, S., & Zhang, Q. (2020). Investment Opportunities and Strategies in an Era of Coronavirus Pandemic. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3567445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.