Pelatihan pemasaran digital melalui marketplace bagi ibu rumah tangga

Ulfah Hidayati, Suranto Aw, Voettie Wisataone, Nadalia Silmi Fathinah, Permata Dian Fathinah

Abstract

Adanya Pandemi Covid-19 berdampak pada usaha mikro yang dilakukan oleh ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK Kelurahan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.  Social distancing yang diterapkan pemerintah menyebabkan penjualan mereka menurun. Diperlukan skill baru dalam adaptasi teknologi untuk tetap bertahan di era pandemi, yaitu melalui pemasaran digital. Marketplace adalah salah satu langkah untuk berjualan online dengan aman, mudah, dan mampu menjangkau banyak target customer.

Tujuan kegiatan pemasaran masyarakat ini untuk meningkatkan skill ibu rumah tangga dalam berjualan online melalui marketplace. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu, pelatihan secara luring dengan mematuhi protocol kesehatan dan pendampingan secara daring melalui grup whatsapp. Kegiatan tersebut dimulai dari membuat foto produk, membuat akun, hingga memasarkannya melalui marketplace.

Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan pelatihan sangat relevan dengan kebutuhan khalayak sasaran, serta dapat dirasakan manfaatnya. Berdasarkan evaluasi kegiatan diperoleh masukan agar kegiatan pengabdian seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan dengan mengangkat tema lain yang relevan dengan kebutuhan khalayak.

 

Full Text:

PDF

References

Aripudin, O., 2020, Pendamping Umkm Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat, Karya Abdi Masyarakat, vol 4 (2), hal 313–322.

Artaya, Putu, T. P. ,2019, Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur, Skripsi, Universitas Narotoma Surabaya, https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206.

Deni Apriadia, A. Y. S, 2017, E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian, JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136, https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002.

Imam, R., & Nugraha, A. R., 2018, Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, vol 1(1), hal 51–60. http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/266.

Izumi, M. dan Gullon-Rivera, A. L, 2018, Family Resilience Among Sojourning Japanese Mothers: Links to Marital Satisfaction and Children’s Behavioral Adjustment, Family and Consumer Sciences Research Journal, vol 46(3), hal 282- 296.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S., 2019, Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts, Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18, https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963.

Moch Fatchul Munir, Siti Saroh, D. K, 2019, Pengaruh Foto Dan Ulasan Produk Terhadap Minatbeli Konsumen, Jiagabi, vol 8, hal 177–183, http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:t6RcVI3rE4oJ:riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/download/3519/3929+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

Sumiarti, E, 2008, Wirausaha Ibu Rumah Tangga untuk Mengatasi Kemiskinan, Jurnal R dan B, vol 3 (2), hal 182-191.

Sutikno, Adhy, S., & Endah, S. N., 2016, Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Dan Memperluas Pemasaran Di Umkm (Studi Kasus di UMKM Pengrajin Tahu Putih dan Telur Asin di Kabupaten Klaten), Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, vol 23(40), hal 1–15.

Wahyuni, N., Irman, A. S. M., & Gunawan, A., 2018, Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce, Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Yustiani, R., & Yunanto, R., 2017, Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi, Komputa (Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika), vol 6(2), no 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.