Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Masyarakat di Bantaran Sungai Bengawan Solo untuk Mencegah Penularan Covid-19

Fajar Subagyo, Tutik Dwi Ambarwati, Venty Suryanti

Abstract

Corona Virus Desease-2019 (Covid-19) telah menjadi wabah pandemik. Covid-19 telah merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pencegahan penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) oleh seluruh kalangan masyarakat di manapun berada. Sebagian besar daerah bantaran Sungai Bengawan Solo merupakan daerah kumuh, sehingga penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan PHBS. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Kelompok 129 dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2021 di RW 11 Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Kota Surakarta yang merupakan daerah bantaran Sungai Bengawan Solo. Salah satu program kerja KKN UNS ini adalah memberikan pemahaman pentingnya penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit, utamanya untuk mencegah penyebaran atau penularan Covid-19. Kegiatan penerapan PHBS yang dilaksanakan adalah melaksanakan aktivitas fisik dengan senam bersama warga, mengaktifkan kembali kegiatan Posyandu, edukasi mencuci tangan dengan air bersih dan sabun dan pembagian bak cuci tangan. Kepada anak-anak di lingkungan RW 11 Kelurahan Sangkrah dilakukan edukasi pemakaian masker yang benar dan pembagian masker. Dengan penerapan PHBS, penularan Cocid-19 dapat dicegah sehingga masyarakat dapat hidup sehat dan tetap produktif.

Full Text:

PDF

References

Andriansyah, Y., dan Rahmantari, D.N., 2013, Penyuluhan dan Praktik PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 1, 45-50.

Anggraini, D.T dan Hasibuan, R., 2020. Gambaran Promosi PHBS dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Kota Binjai Pada Masa pandemic Covid-19, Jurnal Menara Medika, 3(1), 22-31.

Hutami, M.S., 2020. Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Metode Pembiasaan di Masa Pandemi Covid-19 pada Taman Kanak-Kanak, 5(2), 151-163.

Malik, F., Bafadal., M., Wahyuni dan Sahidin. 2020, Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Menggunakan Masker (GEMAS), serta Penggunaan Antiseptik dan Desinfektan di Desa La Nipa Nipa, Kecamatan Katori, Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 154-159.

Natsir, M.F. 2019, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo, Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(3), 54-59.

Kemenkes RI. 2011, Panduan Pembinan dan Penilaian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga.

Kemenkes RI. 2015, Profil Kesehatan Indonesia.

Kemenkes RI. 2017, Penguatan Kesehatan Lingkungan Dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Sumarni dan Prabandari, F., 2021, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyumas, Jurnal Bina Cipta Husada, XVII(1), 39-50.

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., Yulianti, M., Herikurniawan, Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E.J., Chen, L.K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C.O.M., Yunihastuti, E., 2020 Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Wati, P.D.C.A., dan Ridlo, I.A., 2020. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya, Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47-58.

Yuliana, 2020. Olahraga yang Aman di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh, Jurnal Bali Membangun Bali, 1(2), 103-109.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.