PELATIHAN PEMBUATAN YOGHURT PADA KELOMPOK TERNAK DI DESA KEMIRI KECAMATAN MOJOSONGO BOYOLALI

fanny Widadie, Setyowati Setyowati, Sugiharti Mulya Handayani, Mei Tri Sundari

Abstract

Peternak sapi perah di Desa Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali menghadapi permasalahan dalam usahanya seperti harga susu yang rendah dan kurangnya pengetahuan tentang produk olahan susu untuk meningkatkan nilai tambah produk. Oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pelatihan produk olahan susu berupa yoghurt pada salah satu kelompok ternak di Desa Kemiri. Kegiatan pelatihan ini dilakukan pada 15 anggota kelompok ternak mukti di Desa Kemiri. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan pemberian materi, praktek atau demonstrasi langsung cara pembuatan yoghurt, dan evaluasi kegiatan pelatihan melalui pre-test dan post-test. Hasil dari kegiatan pelatihan ini para peternak telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan cara pembuatan yoghurt-homemade. Diharapkan dari hasil kegiatan pelatihan ini akan dapat meningkatkan nilai tambah produk susu yang dihasilkan para peternak melalui pembuatan yoghurt.

Full Text:

PDF

References

Mandaka, S. & Hutagaol, M. P. 2016. Analisis fungsi keuntungan, efisiensi ekonomi dan kemungkinan skema kredit bagi pengembangan skala usaha peternakan sapi perah rakyat di Kelurahan Kebon Pedes, Kota Bogor.

Marlina, E. T., Zamzam, D. B. & Hidayati, Y. A. 2019. Pengolahan Terpadu Limbah Ternak di Kelompok Tani Rancamulya Sumedang. Media Kontak Tani Ternak, 1, 5-10.

Prasetyo, H. 2010. Pengaruh penggunaan starter yoghurt pada level tertentu terhadap karakteristik yoghurt yang dihasilkan.Skripsi. Program Studi Peternakan. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret.

Rusdiana, S. & Sejati, W. K. Upaya pengembangan agribisnis sapi perah dan peningkatan produksi susu melalui pemberdayaan koperasi susu. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 2017. 43-51.

Santosa, S. I., Setiadi, A. & Wulandari, R. 2013. Analisis potensi pengembangan usaha peternakan sapi perah dengan menggunakan paradigma agribisnis di kecamatan musuk Kabupaten Boyolali. Buletin Peternakan, 37, 125-135.

Susilorini, T. E. & Sawitri, M. E. 2006. Produk olahan susu. Jakarta: Penebar Swadaya.

Wahyudi, M. 2006. Proses pembuatan dan analisis mutu yoghurt. Buletin Teknik Pertanian, 11, 12-16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.