OPTIMALISASI ALAT PERAGA MATERI KELISTRIKAN BAGI GURU IPA SMP MUHAMMADIYAH DI SUKOHARJO

Soeparmi Soeparmi, Mohtar Yunianto

Abstract

Upaya untuk menyongsong era revolusi Industri 4.0 berupa peningkatan daya kreasi, inovasi serta kerjasama telah dilakukan melalui kegiatan seminar dan pelatihan terbimbing bagi guru IPA SMP dan MTs Muhammadiyah se Cabang Blimbing, Sukoharjo. Seminar dilakukan dengan mengupas berkaitan dengan revolusi industri 4.0, tantangan serta kiat-kiat dalam menghadapinya. Salah satu upaya untuk menghadapinya adalah melalui pelatihan pemanfaatan media alat peraga. Sebelum kegiatan dilakukan diperoleh informasi minimnya alat peraga yang di miliki pihak sekolah sehingga guru dalam penyampaikan materi menggunakan buku dan papan tulis saja, pelatihan yang dilakukan di khususkan untuk materi kelistrikan menggunakan Peraga kit listrik SEQIP, hasil dari pelatihan semua Guru dapatĀ  memanfaatkan alat peraga kelistrikan dengan mudah, untuk topik percobaan yang dapat dilakukan berupa rangkaian listrik sederhana, rangkaian paralel, rangkaian seri, konduktor dan non konduktor, aplikasi energi listrik dan pembangkit energi listrik menggunakan dinamo.

Full Text:

PDF

References

Alat Peraga IPA SEQIP SD, http://cahayamustika.com/Alat-Peraga-IPA-SEQIP-SD diakses 9/8/2019

Alwan, Menza Hendri, dan Darmaji, 2017, Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di kecamatan Telanaipura Kota Jambi,

Jurnal EduFisika Vol. 02 No. 01 Amran, M dan Muslimin, 2017, Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT

IPA di SD Negeri Mapala Makassar, Jurnal Office, Vol.3, No.1

Dadan Rosana, 2014, Penguatan Kurikulum Dengan Pendidikan Kewirausahaan Dan Pembelajaran Aktif Untuk Pengembangan karakter Bangsa, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 2, Juni 2014

Erni Ratna Dewi, 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas, PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018 hal 44-52

Graham Brown-Martin, 2017). https://www.studymalaysia.com/

Minal Ardi, 2014, Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program Studi PPKn Stkip-Pgri Pontianak, Jurnal Edukasi, Vol. 1, No. 1

Muhadjir Effendy. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Rabu, 2 Mei 2018. Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 di Pendidikan. http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/education. diakses 3/4/2019

Sutrisno, Joko.2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry dalam Belajar Sains terhadap Motivasi Belajar Siswa

Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: PPPPG Matematika Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.