Optimalisasi penjualan Produk Unggulan Wonorejo melalui sosial media pada masa pandemi COVID19

Fuad Anwar, Suparmi Suparmi, Cari Cari, Riyatun Riyatun, Suharyana Suharyana, Darmanto Darmanto, Mohtar Yunianto

Abstract

Telah dilakukan upaya dalam rangka optimalisasi penjualan produk – produk hasil karya masyarakat Wonorejo Kecamatan Paolokarto Kabupaten Sukoharjo. Bulan Maret tahun 2020 merupakan awal terjadinya pandemi virus Corona sehingga penjualan produk secara offline hampir terhenti karena masyarakat diwajibkan tetap berada di rumah. Sebuah upaya dilakukan agar masyarakat  tetap dapat memperoleh pendapatan, sehingga dihasilkan layanan berbasis media sosial ecommerce untuk menampung berbagai produk masyarakat, hasilnya berupa  akun facebook Produk Unggulan Wonorejo untuk proses jual beli, proses awal adalah sosialisasi akun tersebut, akun yang dibuat sejak 12 April 2020 telah memiliki teman 2761 dan juga group jual Produk Unggulan Wonorejo yang memiliki anggota 510 Anggota. Sampai saat ini telah ada 1670 postingan jual beli,  banyak terjadi transaksi jual beli untuk produk – produk hasil masyarakat, dengan adanya akun dan group ini  membantu masyarakat dalam menjual produknya di masa pandemi covid 19 terlihat dari hasil jajak pendapat dimana selama 2 bulan hasilnya adalah  80 % menyatakan bermanfaat, 19 % cukup bermanfaat dan 1 % tidak bermanfaat

Full Text:

PDF

References

Adityo Susilo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, Erni Juwita Nelwan, Lie Khie Chen, Alvina Widhani, Edwin Wijaya, Bramantya Wicaksana, Maradewi Maksum, Firda Annisa, Cynthia Olivia Maurine Jasirwan dan Evy Yunihastuti, 2020, Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini, Jurnal Penyakit dalam Indonesia, Vol 7, No 1

Ardiana, Brahmayanti dan Subaedi, 2010, Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya, JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.12, NO. 1,Hal: 42-55

Ayu Gusnida Sari Siregar dan Arry Widodo,2018, PENGARUH PERIKLANAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Study Pada Konsumen Nasi Goreng Mafia di Kota Bandung), e-Proceeding of Management : Vol.5, No.1 Hal 1131

Bestary Gambrien, Risnandar dan Ade Rahmat Iskandar, 2012, E-Commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus : Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan), Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom Vol. 1, No. 4

Dian Eka Sari, Rudy Handoko dan Achluddin Ibnu Rochim, 2018, PENGARUH ONLINE SHOP JEJARING SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA IBU RUMAH TANGGA KABUPATEN MOJOKERTO (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI DESA MOJOTAMPING, KECAMATAN BANGSAL, KABUPATEN MOJOKERTO), Jurnal Representamen, Vol 4, No 01

Edriana Pangestuti, Inggang Perwangsa Nuralam, Muhammad Tanzil Furqon dan Hanifa Maulani Ramadhan, 2018, PETA POTENSI DALAM MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DESA (Studi pada Desa Tawang Argo, Kabupaten Malang), Journal of Applied Business Administration Vol 2, No 2,hal. 258-266

Glorya Agustiningsih, Melisa Arisanty dan Wiratri Anindhita, 2015, PEMETAAN PERILAKU KONSUMEN INDONESIA DI SOSIAL MEDIA (Studi Netnography terhadap Perilaku Berbelanja Online Masyarakat di Sosial Media sebagai Upaya Peningkatan UMKM di Indonesia), Jurnal Komunikasi dan Bisnis, Vol 1, No 6

Hartono dan Deny Dwi Hartomo, 2014, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN UMKM DI SURAKARTA, Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 14, No. 1, hal : 15 – 30

Irfan Maulana, Jovanna Merseyside Manulang dan Ossya Salsabila, 2020, Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital, Majalah Ilmiah Bijak Vol. 17, No. 1, pp. 28-34

Lutfi Chabib, Yosi Febrianti , Abdul Hakim , Muhammad Safarullah dan Bambang Subekti, 2016, Pemberdayaan Dan Pengembangan Ukm Sebagai Penggerak Ekonomi Desa. (Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Di Yogyakarta), AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 01, No. 03, hal 203-209

Nia Sapma Apriliana dan Endhar Priyo Utomo , 2019, Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi, Volume 13, Nomor 2, Hal 179-190

Rudyanto, 2018 , PENGARUH PEMASARAN JEJARING MEDIA SOSIAL DAN KETERKAITAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 11 No. 2: 177-200

Ully Hikmah Andini, Mochamad Saleh Soeaidy dan Ainul Hayat , 2015, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal (Studi Di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 12, Hal. 7-11

Wisnu Hidayat, Tri Bagoes; Punia, I Nengah; Kebayantini dan Ni Luh Nyoman. 2018, PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KAUM REMAJA DI DESA TEGAL KERTHA, KECAMATAN DENPASAR BARAT, KOTA DENPASAR. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI (SOROT), Vol 1, No 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.