Iptek Mitigasi Sampah Plastik Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Mertoyudan
Abstract
Kurangnya kesadaran sebagian masyarakat tentang lingkungan, seperti membuang sampah plastik sembarangan dapat menyebabkan berbagai masalah dan berbagai penyakit. Program mitigasi ini dilakukan untuk mengurangi bahayanya, Tujuannya adalah mampu menyusun langkah – langkah produktif sehingga gerakan mitigasi sampah plastik dan aspeknya membudaya di masyarakat. startegi pelatihan berbasis personal, berorientasi sosial yang tujuannya mengubah, pemikiran, pengetahuan, sikap dan tindakan seseorang. Tahapan kegiatannya: 1) Membangun kesadaran pribadi dengan pedekatan personal, diharapkan mampu mengubah Pemikiran, Sikap, perilaku kesadaran bahaya sampah plastik. 2) Membangun kesadaran kolektif yang berorientasi lingkungan. 3) Membangun kesadaran masyarakat, berbasis budaya sosial. 4) Best Practices dengan aktualisasi hasil tindakan. Keberhasilan program adalah dilaksanakannya model pelatihan mitigasi sampah plastik di sekolah. Hasil pengabdian ini adalah 1) Pengetahuan guru meningkat dari hasil pengukuran rata – rata pretest 60% sedangkan postest 79%, berhasil meningkatkan pengetahuan dengan skala 100 yaitu 18 poin atau 18%. 2) Meningkatnya respon guru terhadap program mitigasi sampah plastik dengan rata – rata respon 79% masuk dalam kategori baik. 3) Meningkatnya respon siswa terhadap program mitigasi dengan rata-rata respon 79.27% masuk kategori baik. Hasil ini menjadi capaian untuk memulai Gerakan mitigasi sampah plastik di sekolah. Hasil ini sebagai bahan untuk meningkatkan program mitigasi sampah plastik yang berdampak pada lingkungan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Rusilowati, A., Supriyadi, Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 51–60.
Mulford, B. (2003). School Leaders : Changing Roles and Impact on Teacher and School Effectiveness. Education And Training, April, 1–67. http://www.oecd.org/education/school/2635399.pdf
Day, C., & Sammons, P. (2014). Successful school leadership. In What it is and how it …. https://doi.org/978-1-909437-76-0
Evans, R. (2004). Talking with parents today. Independent School, 63(3), 96-100.
Perl, J. (1995). Improving relationship skills for parent conferences. Teaching Exceptional Chil- dren, 27(5), 29-31.
Studer, J. R. (1994). Listen so that parents will speak. Childhood Education, 70, 74-76.
Pintrich, P. R., & de Groot, E. V. (1990). Motivational and self-regulated learning components of classroom academic performance. Journal of Educational Psychology, 82, 33-40. doi:10.1037/0022-0663.82.1.33
Schunck, P., Kasser, T., & Ryan, R. M. (2000). The relationship of well-being to intrinsic and extrinsic goals in Germany and the U.S. Social Indicators Research, 50, 225-241. doi:10.1023/A:1007084005278
Wolters, C. A. (2003). Regulation of motivation: Evaluating an underemphasized aspect of self-regulated learning. Educational Psychologist, 38, 189-205. doi:10.1207/S15326985EP38041
Clancy, S. (2005). Communicating with Parents: Strategies for Teachers. School Community Journal, 15(1995), 117.http://ubc.summon.serialssolutions.com/link/0/eLvHCXMwY2BQsEhMMzZNSkk1SE0xSAE2yC0tDCySUy3MTJJMU5LNU5JQ1uUgleZuogxybq4hzh66sFIxPiUnJx5U5QKTIqjxIsbAmwha-J1XAt4glgIAojUb_g
Ugur, H., Constantinescu, P.-M., & Stevens, M. J. (2015). Self-Awareness and Personal Growth: Theory and Application of Bloom’s Taxonomy. Eurasian Journal of Educational Research, 60, 89–110. https://doi.org/10.14689/ejer.2015.60.6
Dourish, P. & Bellotti, V. (1992) 'Awareness and Coordination in Shared Workspaces'. In: Proceedings of the 1992 ACM Conference on Computer-Supported Cooperative Work. pp. 107-114.
Ismail Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media.
Duze, C. O. (2011). The Changing Role of School Leadership and Teacher Capacity Building in Teaching and Learning. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS) With Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 3(31), 111–117. http://jeteraps.scholarlinkresearch.com/articles/The Changing Role of School Leadership and Teacher Capacity Building in Teaching and Learning 2.pdf