Penerapan Sistem Evaluasi Ketrampilan Menari Berbasis IT di Sanggar Tari

Dinny Devi Triana, Indah Juniansih

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu sanggar yang memiliki lebih dari 100 orang peserta didik dalam melaksanakan evaluasi keterampilan menari, sebelum diadakan ujian kenaikan tingkat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa penerapan sistem evaluasi dengan menggunakan web e-assessment yang dapat membantu instruktur dalam memantau perkembangan keterampilan menari peserta didiknya selama proses pembelajaran. Kegiatan ini melibatkan dua mitra sangar tari dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik, prestasi yang telah diperoleh sanggar tari, kompetensi instruktur, dan kurikulum yang dimiliki sanggar. Metode penerapan pengabdian dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan dengan materi 1) pengenalan tujuan dan manfaat menggunakan sistem evaluasi yang berbasis IT, 2) praktik penggunaan web e-assessment yang dimulai dari membuka kelas atau log in kelas, membuka kursus, membuat indikator kemampuan, mengklasifikasikan materi ke dalam tiap tingkatan, cara meng-up load materi tari yang diujikan, 3) memberikan umpan balik bagi instruktur. Hasil dari kegatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tari di sanggar, baik instruktur maupun pimpinan sanggar dalam memonitoring keterampilan menari siswa di setiap ragam geraknya dari waktu ke waktu secara berkelanjutan, dengan mudah dan terdokumentasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.