Pemberdayaan Kelompok Tani Hutan Desa Keseneng, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo sebagai Desa Penghasil Kopi

Supriyadi Supriyadi

Abstract

Indonesia dikenal sebagai salah satu pemasok kopi terbesar di dunia. Tingginya permintaan kopi baik dari pasar negeri maupun luar negeri tidak diimbangi dengan hasil produksi kopi yang menurun beberapa tahun terakhir. Penurunan produksi tersebut selain dikarenakan berkurangnya area lahan perkebunan kopi, juga disebabkan oleh praktik budidaya yang tidak sesuai. Untuk meningkatkan hasil produksi kopi negara, diperlukan penanaman paham serta pendampingan pada petani kopi tentang budidaya kopi yang sesuai praktik pertanian yang baik. Khususnya petani kopi di perkebunan rakyat. Kabupaten Wonosobo dikenal sebagai kabupaten penghasil kopi. Namun, pada beberapa wilayah, petani kopi masih memerlukan pendampingan baik untuk kegiatan budidaya, kegiatan pascapanen maupun pengembangan dari produk kopi. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian dilakukan penyuluhan budidaya tanaman kopi yang baik, penyuluhan tentang pengolahan biji kopi dan penyuluhan terkait dengan pemasaran produk kopi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi kopi nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Keseneng, Kabupaten Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

 

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo, . (2020)., Kabupaten Wonosobo dalam Angka., Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo, 191 – 224.

Badan Pusat Statistik, . (2018,). Statistik Kopi Indonesia 2018,. Badan Pusat Statistik Indonesia, 9 – 13.

Ferry, Y., Handi S., & Meynarti S. D. I., . (2015,). Teknologi Budi Daya Tanaman Kopi Aplikasi Pada Perkebunan Rakyat,. Indonesian Agency For Agricultural Research and Development (IAARD) Press, 4 – 8.

Maryowani. H., (2013, ). Kebijakan Penyediaan Teknologi Pascapanen Kopi dan Masalah Pengembangannya. Forum Peneliti Agro Ekonomi, 31 (1), 31 – 49.

Putri, A., Yusmarni, Cindy P., & Zelfi Z., (2018,). Kinerja Faktor Produksi Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 7 (3), 189 – 197.

Sari, P. A., Usdi S. & Mirza H., (2018,). Analisis Permasalahan Petani Tanaman Kopi Rakyat di Pangalengan dengan Mengadaptasi Theory of Change. Jurnal Dharma Bakti Ekuitas, 2 (2), 224 – 231.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.