Pemberdayaan Masyarakat melalui Penguatan Branding Produk Hilir Kakao di Suka Agung Bulok Tanggamus Lampung

Dayang Berliana, Analianasari Analianasari, Fadila Marga Saty, Rima Maulini, Sutarni Sutarni, Fitriani Fitriani, Kurnia Rimadhanti Ningtyas

Abstract

Kabupaten kedua sentral biji kakao di Lampung adalah Kabupaten Tanggamus tepatnya Kecamatan Bulok. Pekon Suka Agung merupakan salah satu Pekon di Kecamatan Bulok yang memiliki luas lahan kering tertinggi untuk budi daya kakao. Kelompok tani di Pekon ini telah membudi dayakan kakao sejak tahun 1998 serta memperoleh hibah bantuan Dana Aspirasi berupa Fasilitas Pengelolaan Biji Kakao November 2020. Pembentukan kelompok tani Sido rukun 5 sejak tahun 2016 dengan jumlah anggota kelompok tani berjumlah 24 orang aktif serta luas garapan 37 ha. Sarana prasarana pengolahan produk cokelat yang dimiliki kelompok tani Sido rukun 5 tergolong cukup memadai. Sarpras tersebut berasal dari Bantuan Dana Aspirasi untuk memproduksi bubuk cokelat dan coco butter. Merek produk cokelat yang dihasilkan bernama Kihako. Namun,  kemasan dan label produk belum variatif, inovatif dan menarik.  Promosi maupun penjualan produk bubuk cokelat masih terbatas lokal. Penerapan digital marketing belum dilakukan secara optimal oleh anggota kelompok. Oleh karenanya perlunya penguatan branding produk melalui pengenalan platform pemasaran digital dan pendampingan promosi kepada anggota kelompok. Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar dan menjadikan produk kelompok mampu bersaing secara kompetitif di tingkat regional hingga nasional. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok tentang pembuatan desain kemasan dan label produk bubuk cokelat yang variatif, inovatif dan menarik dan meningkatkan pengetahuan kelompok tentang pembuatan materi promosi dan penerapan digital marketing. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi Kelompok Sido Rukun 5 adalah dengan cara pendekatan partisipatif aktif. Berdasarkan hasil kegiatan dapat diketahui bahwa adanya peningkatan pengetahuan petani tentang pentingnya kemasan, desain, dan label produk serta penerapan digital marketing dalam meningkatkan daya saing produk anggota poktan.  Kemasan yang dimiliki anggota kelompok setelah adanya kegiatan PKM menjadi lebih variatif dan desainnya lebih menarik. Anggota kelompok tani juga siap menerapkan promosi digital pada akun-akun media sosial yang dimiliki.

 

References

Analianasari, A., Harahap Hutasuhut, M. P. M., & Joen, D. A. Z. (2023). Analysis of Cocoa Fermentation With the Addition of Yeast and Lactic Acid Bacteria. Jurnal Pengembangan Agroindustri Terapan, 2(1). https://doi.org/10.25181/jupiter.v2i1.2896

Apriyani, M., Saty, F. M., Desfaryani, R., Fitriyani, Trisnanto, T. B., Sutarni, Berliana, D., & Fitri, A. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk Olahan Pangan pada SMKN 1 Negeri Besar Way Kanan. Jurnal Pengabdian Nasional, 2(2), 94–100. https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/JPN/index

BPS. (2022). Statistik Kakao Indonesia (Indonesia Cocoa Statistics 2022 Volume 7, 2023). In Direktorat Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Gabin, Y. Y. A. (2024). Optimizing Brand Image in Food Industry through Innovative Packaging and Labeling: Case Study of Chocojoy in Cameroon. The International Journal of Business & Management. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268717009

Prasmatiwi, F. E., Evizal, R., Ivayani, I., Wibowo, L., & Rahmawati, W. (2022). Pendampingan Lapangan Rehabilitasi Kebun Kakao di Kecamatan Bulok, Tanggamus. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 1(2), 316. https://doi.org/10.23960/jpfp.v1i2.6190

Putri, A., & Juanda, R. (2024). DAN JUMLAH PRODUKSI KAKAO TERHADAP VOLUME EKSPOR. 11–21.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.