Pengembangan Kompetensi Guru-Guru Tingkat SMA di Sukoharjo dalam Kalibrasi Alat Ukur untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika
Abstract
Telah dilakukan upaya peningkatan kualitas Guru MIPA di tingkat SMA di Kabupaten Sukoharjo, kegiatan diikuti sebanyak 20 Guru dari perwakilan 20 Sekolah setingkat SMA Muhammadiyah di Kabupaten Sukoharjo, kegiatan ini bekerjasama dengan Majlis Dikdasmen dan PNF Kab Sukoharjo dan BKKSM Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan pretest untuk mengetahui kemampuan awal peserta, dilanjutkan sesi diseminasi hasil kalibrasi alat ukur, penjelasan materi kalibrasi dan diakhiri dengan postest. Dari hasil pelaksanaan kegiatan diperoleh hasil peserta memahami apa yang telah disampaikan ditunjukkan dengan adanya kenaikan rerata nilai test dari 4,3 menjadi 8,3. Harapan dari peserta kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya untuk peningkatan kompetensi guru.
References
Serway, R. A. & Jewett, J. W. (2013) Physics for Scientists and Engineers, Cengage Learning. 2. Drijarkara, A. P., & Zaid, G. (2008). Metrologi: Sebuah Pengantar. Puslit KIM-LIPI, Jakarta. 3. Syam, W. P. (2018) Metrologi Manufaktur : Pengukuran Geometri Dan Analisis Ketidakpastian, Deepublish, Yogyakarta. 4. Qomariyah, N.; Wirawan, R.; Angraini, L. M.; Anggarani, N. K. N. (2019), Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Eksperimen, Widyabhakti, 1(2), 93-99. 5. Yuliani, H., Aulia, M., Normilawati, Andani, T. (2022), Workshop Asisten Praktikum Pada Calon Guru Fisika, Selaparang, 6(2), 565-571. 6. Saputro, F. A. & Susilawati (2020), Identifikasi Pengetahuan Standarisasi Alat Praktikum Dan s Asisten Laboratorium Fisika Dasar Di UIN Walisongo Semarang, Jurnal Luminous, 1(2), 46-52. 7. Bakri, F. & Raharjo, S. B. (2015), Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Fisika, JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 91-96. 8. Idris, S., Novita, N., Maya Sari, A. (2024), In House Training Penguatan Praktikum Fisika Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Sma/Smk Di Kota Lhokseumawe Dan Kabupaten Aceh Utara, Jurnal Vokasi, 8(1), 73-79. 9. Ismail, A., Gumilar, S., Amalia, I. F. (2023), Peningkatan Kompetensi Guru Fisika melalui Pelatihan Pembelajaran Fisika Berbasis STEM, Badranaya, 01(02), 46-51. 10. Dabukke, H., Naibaho, Y. P., Sijabat, S., Adiansyah, Harefa, A. J., Putri, M. A. (2024), Sosialisasi Pentingnya Kalibrasi Peralatan Kesehatan Di Pelayanan Kesehatan, Journal Abdimas Mutiara, 5(2), 242 – 247. 11. Rizal, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sainstek dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sainstek, 2(3), 159-165. 12. Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sainstek peserta didik dalam pembelajaran IPA di 13ndonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69. 13. Tim Penyusun, (2011) Rencana Induk Penelitian Unggulan UNS Tahun 2012-2025,
Refbacks
- There are currently no refbacks.






















