Peningkatan Hasil Belajar IPAS Ditinjau Dari Aspek Kognitif Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Materi Cahaya dan Sifatnya

Sayekti Uji Harani, Suyati Miftahul Jannah Suryono, Ummul Mamnufah, Sukarno Sukarno, Diyah Wulan Praptisari

Abstract

This classroom action research aims to describe the improvement in IPAS learning outcomes in the cognitive aspect of light and its properties through the application of differentiated instruction for fifth-grade students at SDN Pajang II during the 2024/2025 academic year. The research was conducted in two cycles, each involving planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through observation, interviews, and evaluation tests at the end of each cycle, and analyzed quantitatively, focusing on learning completeness and absorption. The results indicate that differentiated instruction not only helps struggling students catch up but also allows higher-achieving students to advance further. Specifically, students' average scores improved from 58 with 8% completeness in the pre-cycle, to 75 with 46% completeness in Cycle 1, and to 91 with 92% completeness in Cycle 2.

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi; Hasil Belajar; Aspek Kognitif

Full Text:

PDF

References

Aprima, Desy. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendekia 13(1):95–101.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, and Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asril, Dani, Mdanala Putra, dan Dani Makkasau. 2024. “Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Pada Peserta didik Kelas V UPT SPF Sdn Mangkura 2.” Global Journal Education Humanity 164–71.

Budiman. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar.” JIEPP 1(1):19–27.

Dwi Elviya, Diyanayu, dan Wahyu Sukartiningsih. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya.” JPGSD 11(8):1780–93.

Hakpantria, Novalia Sulastri, dan Defani Momba. 2023. “Penerapan Strategi Diferensiasi Untuk Meningkatkan Kamampuan Kognitif Peserta didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV UPT SDN 18 Mengkendek.” Prosiding Seminar Nasional PGSD UKI Toraja 99–107.

Heldanita. 2018. “Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi.” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3(1):53–64.

Ichsan, Nur, dan Wahyu Prabowo. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta didik Kelas V Efforts To Improve Science Learning Results Of The Properties Of Light Through Experimental Methods In Students Grade V.” E Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan 7(7):658–65.

Liliawati, W., A. Setiawan, S. Rahma, dan A. A. Dalila. 2022. “Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta didik.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6(2):393–401. doi: 10.23887/jipp.v6i2.50838.

Magdalena, Ina, Amilanadzma Hidayah, dan Tiara Safitri. 2021. “Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Peserta didik Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(1):48–62.

Miqwati, Miqwati, Euis Susilowati, dan Joutje Moonik. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar.” Pena Dana: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(1):30–38. doi: 10.33830/penadana.v1i1.4997.

Ristiyanto, Gusfan, Endang Wurydanini, Frederica Yudina Numareta, dan Tri Floreda. 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Problem Based Learning Kelas Vc SDN Bugangan 03 Semarang.

Sawyer, R. K. 2017. Explaining Creativity: The Science of Human Innovation. Oxford University Press.

Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, dan Erna Suhartini. 2023. “Analisis Pembelajaran IPAS Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 13(4):1105–13. doi: 10.37630/jpm.v13i4.1296.

Sofiah, Hindana, dan Nisrina Hikmawati. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD).” ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar 1(2).

Sofiah, Rodatus, dan Ratna Hidayah. 2020. “Optimalisasi Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat.” Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial 441–51.

Stiggins, R., dan J. Chappuis. 2018. An Introduction to Student-Involved Assesment For Learning. edited by R. Stiggins dan J. Chappuis. Pearson.

Tomlinson, C. A., dan S. D. Allan. 2020. Differentiated Classroom: Responsing to Needs of All Learners. ASCD.

Umami, Siti Riska, dan Maryam I. Damayanti. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman Di Kelas IV Sekolah Dasar.” JPGSD 11(10):2130–40.

Wormeli, Rick. 2017. Faiir Isn’t Always Equal: Assessing & Grading in the Differentiated Classroom. Stenhouse Publishers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.