Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPAS Peserta Didik Kelas III
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Amalia, S., Safrida S, & Ulva, S. M. (2024). Application of Teaching at the Right Level (TaRL) and Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach to Increase the Motivation and Learning Outcomes of Students on the Material of Transport through Membranes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 270–274. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.5355
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Atin, S., Fajriyani, N. A., Ningsih, E. P., Fitriyati, I., & Malahati, F. (2023). Keaktifan belajar siswa menggunakan aplikasi live board pada pembelajaran bahasa Jawa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.52296
Banerji, R., & Chavan, M. (2020). A twenty-year partnership of practice and research: The Nobel laureates and Pratham in India. World Development, 127(C). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104788
Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45788
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Islami, N. Al, Ramlawati, & Halijah. (2023). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 62–70.
Nasuiton, D. E., & Desyandri. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dan Implementasi Kurikulum Merdeka SDS IT Cinta Islam Padang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(2), 9–16.
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Nopianur, Y. A., Waluyati, S. A., & Saputra, A. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKn. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 20–27. https://doi.org/10.56393/melior.v3i1.1649
Nuor Ainiy Hidayati, dan. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-D Smpn 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains, 3(2).
Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388–396. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 264–253.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. ERosdikarya.
Widyasari, S. E. N., & Listyaningsih. (2023). Pengaruh Media Monopoli Baper Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 9 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.