PERUBAHAN IKLIM DALAM PENDIDIKAN IPA BERKELANJUTAN

Dita Mey Rahmah

Abstract

Penulisan dari artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pendidikan guru IPA atau sains sebagai agen pendukung pendidikan berkelanjutan berbasis SDGs 13. Penelitian dilakukan dengan metode literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan iklim menjadi permasalahan yang dihadapi secara global, khususnya Indonesia yang memiliki iklim tropis. Perubahan iklim terletak di jantung Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan berkaitan dengan tujuan SDGs lain. ESD (Education for Sustainable Development) adalah pendidikan untuk mendukung praktik pembangunan berkelanjutan, artinya pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang (utamanya generasi mendatang). Penerapan ESD melalui integrasi ke dalam mata pelajaran dapat meningkatkan kualitas lingkungan khususnya krisis iklim. Pemahaman isu penanganan iklim diperlukan khususnya untuk calon guru IPA (pra-jabatan).

Keywords

Pendidikan IPA, Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, SDGs 13

Full Text:

PDF

References

Alkhawaldeh, A. (2017). School-Based Teacher Training in Jordan: Towards On-School Sustainable Professional Development. Journal of Teacher Education for Sustainability, 19(2), 51-68.

Anyolo, E. O., Kärkkäinen, S., & Keinonen, T. (2018). Implementing Education for Sustainable Development in Namibia: School Teachers¿ Perceptions and Teaching Practices.

Arslan, H.O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A three-tier diagnostic test to assess pre-service teachers’ misconceptions about global warming, greenhouse effect, ozone layer depletion, and acid rain. International Journal of Science Education, 34(11):1667–1686.

Boon, H.J. 2016. Pre-service teachers and climate change: A stalemate? Australian Journal of Teacher Education, 41(4):39–63.

Carman, J., Zint, M., Burkett, E., & Ibáñez, I. 2021. The role of interest in climate change instruction. Science Education, 105(2):309–352.

Erlina, N. (2021). Kesiapan Calon Guru IPA dalam Pengembangan Rencana Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 142-150.

Halady, I.R. & Rao, P.H. 2010. Does awareness to climate change lead to behavioral change? International Journal of Climate Change Strategies and Management, 2(1):6– 22.

Higde, E., Oztekin, C., & Sahin, E. 2017. Turkish pre-service science teachers’ awareness, beliefs, values, and behaviours pertinent to climate change. International Research in Geographical and Environmental Education, 26(3):253–263.

Hindarto, Dicky.E., Samyanugraha, Andy, Nathalia Debi. “#pasarkarbon Pengantar Pasar Karbon Untuk Pengendalian Perubahan Iklim.” Jakarta, 2018. http://pmr-indonesia.org.

IPCC Sixth Assesment Report, from https://www.ipcc.ch/report/ar6/wg2/

Kagawa, F. (2007). Dissonance in students’ perceptions of sustainable development and sustainability: Implications for curriculum change. International Journal of Sustainability in Higher Education, 8(3):317–338.

Kaiser, F.G., Oerke, B., & Bogner, F.X. (2007). Behavior-based environmental attitude: Development of an instrument for adolescents. Journal of Environmental Psychology, 27(3):242–251.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.