ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PADA PEMAHAMAN SOAL TENTANG RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)

Pujayanto Pujayanto, Fairusy Fitria Haryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal tentang rangkaian arus listrik searah. Analisis kesalahan ini dilakukan dengan menggunakan metode Newman’s Error Analysis (NEA). Dengan metode ini dimungkinkan untuk menemukan jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa seperti kesalahan Reading/Decoding, kesalahan Comprehension, kesalahan Transformation, kesalahan Process Skills, dan kesalahan Encoding. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Data dikumpulkan meggunakan teknik tes diagnostik dan wawancara. Untuk memvalidasi data ini digunakan trianggulasi teknik. Hasil analsis kesalahan ditemukan gejala kesalahan mahasiswa yaitu pada tahap Process Skill dan Encoding. Hal tersebut menjadi dasar untuk memberikan pembelajaran remedial untuk mengatasi masalah tersebut.

Keywords

Newman’s Error Analysis (NEA) Fisika

Full Text:

PDF

References

Batuleu, Muhammad Yogi. (2019). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Pada Soal Uraian Untuk Materi Gelombang Bunyi Di Kelas XI SMA N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Sebelas Maret. Martha, N. (2010). Analisis Miskonsepsi Fisika SMA di Bandar Lampung. Jurnal Analisis Miskonsepsi Fisika. Jurnal Analisis Fisika. Diperoleh 31 Maret 2020, dari http://blog.unila.ac.id/maharta/files/2010/05/Jurnal-Analisis- Miskonsepsi-Fisika.doc

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Hal 45. Yogyakarta: Nuha Medika.

Newman, A. (1983). Strategies for Diagnosis and Remediation. Sydney: Harcourt Brace Jovanovich Group.

Rufaida, S. A., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2012). Profil Kesalahan Siswa SMA dalam Pengerjaan Soal pada Materi Momentum dan Impuls. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 3, No. 2).

Sutrisno, W. (2009). Penumbuhan Sikap-sikap Positif melalui Pembelajaran Fisika. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah. Vol. 1 No. 1 Februari 2009. Diperoleh 2 Juli 2019, dari http://ijp.fi.itb.ac.id/index.php/JPFSM/article/viewFile/234/233

Widoyoko, S. Eko Putro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tri Wiyoko, M. A. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Jurnal Warta Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, 4-6.

Yoan Theasy, Wiyanto Wiyanto, Sujarwata Sujarwata. 2017. Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Berdasarkan Kemampuan Multi Representasi. Jurnal Physics Communication. Vol 1 No.2. https://doi.org/10.15294/physcomm.v1i2.10404

Rahmawati, F., Indrawati & Rif’ati D. H. (2012). Penerapan Model Teaching With Analogies (TWA) dalam Pembelajaran Fisika di MA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2),192.

Wahyuningsih, T., T. Raharjo, & D. F. Mashitoh. (2013). Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 111-117.

Mulyani, A. (2014). Representasi Visual buku Biologi SMA Pada Materi Kingdom Plantae. Scientiae Educatia, 3(1), 35-47.

Murtono, A. Setiawan. & D. Rusdiana (2014). Fungsi Representasi dalam Mengakses Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika UAD, 1(2), 80-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.