LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS SAINS DITINJAU DARI JENJANG PENDIDIKAN DAN MATA PELAJARAN

Adelliana Dini Timikasari

Abstract

Penggunaan blended learning dalam pendidikan sesuai dengan perkembangan industry 4.0 dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi dari blended learning dari berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu literature review dengan menganalisis 30 jurnal atau artikel yang berasal dari data base google schoolar dalam kurun waktu 2018-2022. Analisis dilakukan dengan mengetahui implementasi penggunaan dari berbagai jenjang, tren penggunaan Blended learning dari tahun-ke tahun, serta implementasi penggunaan berdasarkan mata pelajaran yang ada di berbagai jenjang baik SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Pembelajaran Blended learning selain dapat digunakan pada mata pelajaran dalam cakupan IPA yaitu, fisika, kimia dan biologi.

Keywords

blended learning, pembelajaran sains

Full Text:

PDF

References

Aini, F. N., Emanuel, E. P. L., & Chamidah, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Berbasis Google Classroom Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI IPA-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(2), 303-308. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i2.629

Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 120–134. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.56

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347.

Aritantia, Y., Muslim, S., Wibowo, T., Rijanto, T., & Cholik, M. (2021). Kajian Literatur Sistematis Blended learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(2), 178–185. https://doi.org/10.17977/um031v8i22021p178

Dahniar, D. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Snowball Throwing. Jurnal Global Edukasi, 3(4), 124–129. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/497

Ekawati, N. E. (2018). Penerapan Blended learning dengan Aplikasi Edmodo Berbasis Strategi Pembelajaran PDEODE Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 7–16.

Enrizal, F., Putri, A. N., & Muhartati, E. (2022). Pengaruh Model Poe2We Berbasis Blended learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Ix Di Smpn 10 Tanjungpinang. Student Online Journal, 3(1), 484–491.

Fadloli, M., Kusumo, E., & Kasmui. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Blended learning Berbasis Edmodo Untuk Pembelajaran Kimia yang Efektif. Chemistry in Education, 8(1), 7–12.

Fariska, R., & Erman. (2017). Blended learning Untuk Meningkatkan Level Kemampuan Berpikir Kritis. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 60–66.

Haka, N. B., Makrupah, S., & Anggoro, B. S. (2020). Pengembangan Website Online Berbasis Blended learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 8(1), 66–76. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i1.08

Hisbullah., & Nurhayati, S. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.

Ihsan, Muhammad Shohibul & Siti Wardatul Jannah. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended learning. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 197–206. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2934

Indayani, M., Hunusalela, A. J., & Mursalin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended learning. 7(11), 359–365.

Inggriyani, F., Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 28-35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649

Jarot. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar ipa dengan model pembelajaran blended learning menggunakan lms google classroom pada siswa kelas vi sd negeri jeruk soksok 1 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Mitra Pendidikan, 2(1), 73–79.

Jazuli, D. A. R. (2022). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Blended Learning Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 1 Lareh Sago Halaban Irje : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Project Based Learning Berbasis Blended learning. 2(1), 47–61.

Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48-64. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805

Kalalo, R. J. P., Lumenta, A. S. M., & Paturusi, S. D. E. (2021). The Effects of Interactive Online Learning Using Flipbook on The Process and Results of Blended learning Pembelajaran Daring Interaktif menggunakan Flipbook dan Pengaruhnya Terhadap Proses dan Hasil Blended learning. Jurnal Teknik Informatika, 16(2), 165–174.

Kartinawati, S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penggunaan Metode Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Udara di SMPN 02 Sumberbaru. Jurnal Bioshell, 8(2), 53–57. https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.917

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS.

Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769

Lestari, H., Rahmawati, I., Siskandar, R., & Dafenta, H. (2021). Implementation of Blended learning with A STEM Approach to Improve Student Scientific Literacy Skills During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 224-231. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.654

Mandang, T., & Tulandi, D. A. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Unima, 1(1), 28-33. http://ejournal.radenintan.ac.id

Putri, S. E., Oktaviany, V., & Dwiprabowo, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Snowball Throwing. Jurnal Global Edukasi, 3(4), 124–129. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/497

Ratih, K., Prayitno, H. J., Prasetyo, W. H., Irmawati, I., & Safitri, A. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended di MII Subah pada Masa Pandemi Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.11951

Rozi, F., & Prawijaya, S. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum E-Learning Konsep Dasar IPA SD Mahasiswa PRODI PGSD FIP Unimed. Jurnal Handayani, 11(2), 77-85.

Rozi, F., Nurhairani, N., & Prawijaya, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Pendidikan Ipa Sd Kelas Tinggi Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED. ESJ (Elementary School Journal), 9(3), 200–209. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/16355

Setyoko, S., & Indriaty, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 157. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10433

Simandalahi, L., Silaban, P. J., & Sinaga, R. (2021). The Effect of Blended Learning Model on Students’ Learning Outcomes on the Theme of “Lingkungan Sahabat Kita” At Grade V SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5), 1267-1277. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8448

Sukemi, S. (2022). Model Pembelajaran Discovery Secara Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Asam Dan Basa. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 86–97. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.1034

Syarif, I. (2013). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 851–854. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Tsaniyah, S. F., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 71–77. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3236

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. PURWADITA, 2(2), 50-56.

Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 1001–1003. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37313

Witri, G., Rusli., Harzuliana, N.T., & Akmalia, Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 05 Jayapura Kabupaten Siak. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1),7-13. https://doi.org/10.34125/mp.v6i1.779

Yanti, F.N., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Blended learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.