PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN GRAVITASI MELALUI MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X IPS 2

Faridha Muayydatiddieny, Ahmad Fauzi, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan pada materi gravitasi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui penerapan model Student Facilitator and Explaining (SFAE). Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 Sekolah Menengah Atas sebanyak 36 siswa dengan penelitian dikhususkan pada materi Hukum Gravitasi Newton dan Hukum Kepler. Data diperoleh melalui observasi, angket, evaluasi tiap akhir siklus, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah pengetahuan siswa pada materi gravitasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) meningkat. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I meningkat menjadi 50,00 % dan siklus II meningkat menjadi 88,89 %, dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 60, yang artinya 60 % dari jumlah keseluruhan siswa telah tuntas dengan nilai minimal 60. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM yang telah ditentukan.

Keywords

SFAE, ranah pengetahuan

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asrori, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Check, J., & Schutt, R. K. (2012). Research Metods ins Education. Boston: SAGE Publications, Inc.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (Sixth edition). New York: Routledge.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipt

Djamarah, Syaiful Basri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rieneka Cipta

Hamzah, B. Uno, M. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Komsiyah, Indah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Lestari, Indah. (2014) Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3(2): 115-125

Mawarsih. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT)

Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nirsam, Muhammad Ali. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT)

Purhandayani. (2014). Penerapan Student Facilitator and Explaining pada Materi Ajar Power Point (PPt). Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rohman, Arif. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Rufaida, Sufi Ani & Sarwanto. (2014). Fisika Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam untuk SMA/MA XI. Surakarta: Mediatama

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Serway, A. Raymond. (2009). Fisika untuk Sains dan Teknik Buku 1 (Terjemahan Chriswan Sungkono). Jakarta: Salemba Teknika

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Erlangga

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tipler, Paul A.1999. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 (Terjemahan Lea Prasetio dan Rahmad W. Adi). Jakarta: Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.