PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDANCE, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA

Dita Kurnia Wulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 pada materi Hukum Newton melalui penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA pada Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 36 anak. Data yang digunakan meliputi observasi motivasi belajar siswa, tes, dan wawancara. Penelitian ini dianalisis secafra kualitatif dan kuantitatif. Bardasarkan hasil dianalisis data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulakan bahwa (1) motivasi belajar dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA pada materi Hukum Newton mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajran ARCS. Persentase ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat dari 0 % pada pra Siklus menjadi 28 % pada Siklus I, dan menjadi 97 % pada Siklus II. (2) Kemampuan kognitif Fisika siswa mengalami peningkatan, persentase ketuntasan siswa meningkat dari 0 % pada pra Siklus menjadi 75 % pada Siklus I, dan menjadi 97 % pada Siklus II, sehingga peningkatan motivasi belajar juga beriringan dengan meningkatnya kemampuan kognitif Fisika siswa.

Keywords

Model Pembelajaran ARCS, Motivasi, Kognitif Fisika, Hukum Newton

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Panelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara.

Awonyi. 1997. Strenght And Weakness Of ARCS Model.Diakses 9 Desember 2018 (http://ourray.cundenver.edu)

Bloom, Benjamin S, etc. 1956. Taxonomy of Educational Objective: The. Classificationof Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain.New York.

Harimurti, Kridalaksana.1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Kuhnelt, H.1989. Interdiscriplinary Aspect Of Physics Educationi. Autria:Universitas Wien Almunster.

Sadirman,A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrock,W.2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Serway,Jewwet. 2009. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Salemba.

Slameto. 1996. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman,dkk . 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wena, Made.2009. Startegi Pembelajaran Inovasi Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W.S .1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.