PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMBELAJARAN REMEDIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 5 SURAKARTA

Nur Hanifah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik melalui model kooperatif tipe NHT pada pembelajaran remidiasi kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada pembelajaran remedial yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari hasil tes, observasi dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Target ketercapaian secara klasikal adalah 75 %, yang berarti 75 % dari jumlah peserta didik X MIPA 2 mendapat nilai ≥75 (sesuai dengan KKM SMA Negeri 5 Surakarta). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa remidiasi pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi. Ketuntasan peserta didik pada kemampuan kognitif meningkat dari 9,38 % pada pratindakan menjadi 65,62 % pada siklus I dan 87,50 % pada siklus II.

Keywords

Remediasi pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), kognitif

Full Text:

PDF

References

Hakim, A. & Rambe, D. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Konvensional pada Materi Pokok Besaran dan Satuan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2), 7-12.

Leasa, M. & Corebima, A. D. (2017). The Effect of Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model on the Cognitive Achievement of Students with Different Academic Ability. Journal Of Physics : Confence Series. 795 012071.

Nurkhasanah, S. & Prastiwi, K. D. (2018). Remediasi Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi Kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 2(8), 45-51.

Prastiti, W. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, IV (1), 49-58.

Preeti, G. S, Vijayananadhini, K. & Vanaja, M. (2018). Tutorials in Engineering Physics using Cooperative Learning: A Reflective Introspection. IEEE 18th International Conference on Advanced Learning Technologie.

Putri, D. E., Aminah, N. S., & Surantoro. (2015). Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Materi Suhu dan Kalor Siswa SMA Kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015. Vol. 6 (1), 189-194.

Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.