PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS VIII B SMP IT NUR HIDAYAH SURAKARTA

Muhammad Ardian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa dalam pembelajaran Fisika kelas VIII B SMP IT Nur Hidayah Tahun Ajaran 2017/ 2018, khususnya pada materi pokok Tekanan melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP IT Nur Hidayah Tahun Ajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data pada penelitian ini berasal dari dokumen, informan dan observasi terhadap nilai kemampuan kognitif Fisika siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Tekanan kelas VIII B SMP IT Nur Hidayah Tahun Ajaran 2017/ 2018 dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 71,56 pada Siklus I menjadi 77,50 pada Siklus II, serta jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 50,00% menjadi 78,00%. KKM untuk kemampuan kognitif Fisika sebesar 75 dan target siswa yang tuntas sebanyak 70,0%.

Keywords

problem based learning, tekanan, kemampuan kognitif Fisika

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Ade Gafar & Ridwan, Taufik. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Proses Pembelajaran Di BPTP Bandung. Jurnal Pendidikan (2).1-10.

Arends, Richard. (2008). Belajar Untuk Mengajar. Terj. Helly Prajitno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Buku asli diterbitkan 2007)

Blackmon, M., Hong, Y., and Choi, L.. (2007). Case based Learning. (Online) Diakses 19 November 2017 http://project.coe.uga.edu /eplt/index.php?title=case-based_learning

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Collete, Chiappetta. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary School. Third Edition. New York : Macmillan Publishers.

Daryanto. (2008). Penarikan Kesimpulan Tugas Akhir Mata Kuliah Filsafat Ilmu. Jakarta: Program Pasca Sarjana UNJ

Depdiknas. (2007). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Dokumen-I). Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Dewey, John. (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Artikel Pendidikan. Edukasiana. Diakses 30 Novemnber 2017 dari http://edukasiana.com/?p=266

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran Cetakan Ke-3. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar cetakan Ke-6. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Irianti. (2006). Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Karso, dkk. (1993). Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Muhson, A. (2009). Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2. PP. 171-182 : Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning.

Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.71 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013c). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers

Srini M. Iskandar (2001: 2) Pendidikan IPA II. Jakarta : Depdikbub. Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Muhammad Joko, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Tabrani Rusyan, Kusnidar, Arifin. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remadja Karya

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.