PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO PADA MATERI GERAK HARMONIK

Dwi Widiani Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif Fisika siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonik dengan menggunakan model pembelajaran POE (predict, observe, explain). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 36 anak. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes tertulis, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu observasi, tes, dan angket. Ketiga instrumen ini berpedoman pada kategori dan indikator yang diungkapkan oleh Ennis, sedangkan untuk kemampuan kognitif menggunakan indikator Anderson dan Krathwohl. Setiap kategori kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini memiliki target skor capaian yang berbeda-beda dengan peningkatan persentase keberhasilan untuk semua kategori sebesar 60 %, sedangkan pada kemampuan kognitif memiliki target ketuntasan sebesar 75 % dari jumlah seluruh siswa. Pada pra siklus, rata-rata persentase keberhasilan untuk semua kategori kemampuan berpikir kritis sebesar 5,6 %. Namun pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata persentase keberhasilan menjadi 45,4 %, dan mengalami kenaikan kembali pada siklus II menjadi 77,4 %. Hasil kemampuan kognitif pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan siswa sebesar 31 %, kemudian mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 53 %, dan mengalami kenaikan kembali pada siklus II menjadi 78 %. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonik.

Keywords

Berpikir Kritis, Kognitif, model pembelajaran POE, Gerak Harmonik

References

Ahmatika, Deti. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid, Vol. 3, No. 1, pp. 377-525.

Ajunda, W.P., Haryono. & Mulyani, S. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Semester Genap pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) di SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol. 6 No. 2 Tahun 2017 Hal. 102-108.

Eggen, Paul., & Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran-Mengajarkan Konten Ketrampilan Berpikir (Edisi Keenam). Jakarta: PT. Indeks.

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: Sn Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Online. Tersedia di: faculty. education. illinois. edu/rhennis/ documents/ The NatureofCriticalThinking_51711_000. pdf.

Karim., & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 1, April 2015, Hlm 92-104.

Muna, I.A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama. Volume 5, Nomor 1, Juni 2017 Hal. 73-91.

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 6 Nomor 1 Juni 2017.

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfah, Q.N., Asim., & Parno. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang dalam Materi Fisika Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Vol. 3, No. 1 (2014).

Yulianto, E., Sopyan, A., & Yulianto, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP. Unnes Physic Education Journal 3 (3) (2014).

Zulaeha., Darmadi, I.W., & Werdhiana, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balaesang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, Vol. 2 No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.