PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK TENTANG USAHA DAN ENERGI MENGGUNAKAN SOFTWARE LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS)

Dina Lestari Pamungkas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan tahapan proses pengembangan modul pembelajaran elektronik tentang Usaha dan Energi menggunakan software LCDS, (2) mengetahui modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria baik atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul pembelajaran elektronik yang dilakukan hanya sampai apda tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang reviewer, 2 orang peer reviewer, dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 54 siswa yang terdiri 9 siswa untuk uji coba awal dan 45 siswa untuk uji coba utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Prosedur pengembangan modul pembelajaran elektronik ini meliputi: (a) tahap persiapan dengan menyusun materi serta penentuan aplikasi pendukung yang akan digunakan, (b) tahap pembuatan masing-masing konten dengan menggunakan aplikasi pendukung dan penyusunan modul dengan menggabungkan konten yang telah dibuat pada software utama LCDS, (c) tahap penyelesaian pembuatan modul pembelajaran elektronik berupa validasi ahli serta melakukan revisi sesuai saran serta masukan dari ahli, (d) pengujian modul pembelajaran elektronik kepada siswa serta melakukan revisi sesuai saran serta masukan dari siswa dan melakukan publish file ke dalam format HTML. (2) Kualitas modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli, reviewer, dan peer reviewer pada aspek materi, tampilan media, dan bahasa menunjukkan bahwa 100% ahli  menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria baik, 100% reviewer menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik,  100% peer reviewer menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dan telah layak untuk diujicobakan kepada siswa. Hasil uji coba produk modul pembelajaran elektronik kepada siswa SMA berdasarkan penilaian aspek materi, tampilan media, dan bahasa menunjukkan bahwa 100% siswa menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dan mendapat respon positif dari siswa.

Keywords

Modul Pembelajaran Elektronik, LCDS, Usaha dan Energi.

Full Text:

PDF

References

Aremu, A. & Efuwape, B. M. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Eleectrical and Electronics Technology-Issues on Acceptability adn Usability in Nigeria. American Journal Educational Research 1.2: 41-48.

Azwar, S. 2007. Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gaya Media.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Druxes, H., Born, G., Siemsen, F. 1986. Kompendium Didaktik Fisika. Bandung: Remadja Karya.

Giancoli, D. C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid I (diterjemahkan oleh Yuhilza Hanum). Jakarta: Erlangga.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Gunawan, Dedi. 2010. Modul Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar untuk Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8. Jurnal KomuniTI, Vol.2, No.1, Juni 2010. Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lasmiyati & Harta, Idris. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9 No. 2 2014. Universitas Negeri Yogyakarta.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J. 1994. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California: SAGE publications Inc.

Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pendit, Putu Lukman. 2008. Perpustakaan Digital dari A Sampai Z. Jakarta: Cita Karya Karsa Mandiri.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A. 2014. Desain Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Rusilowati, Ani. 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 4 No.2 2006.

Rusyan, T., Kusdinar, A., Arifin, Z. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Serway, R. A. & Jewett, J. W. 2009. Fisika untuk Sains dan Teknik (diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono). Jakarta: Salemba Teknika.

Shiratuddin, N., Landoni, M., & Gibb, F. 2003. E-Book Technology and It’s Potential Applications in Distance Education. Journal of Digital Information Vol. 3 No.4 2003. Universitas Texas.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Grafindo Pustaka.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taufani, Dani R & Iqbal, Muhammad. 2011. Membuat Konten E-learning dengan Microsoft Learning Content Development System (LCDS). Online. Bandung: Mugi Unikom. Tersedia di https://mugi.or.id/. Diakses pada 27 November 2017.

Tipler, P. A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik (diterjemahkan oleh Lea Prasetio). Jakarta: Erlangga.

Vembriarto, St. 1985. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

https://jendela.data.kemendikbud.go.id/ diakses pada tanggal 5 Desember 2017.

https://microsoft.com/ diakses pada tanggal 20 November 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.