PENERAPAN GAME FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Zahrotunnisa Zahrotunnisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan game Fisika berbasis Model Pembelajaran Kuantum pada Materi Gejala Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. KKM yang ditetapkan oleh sekolah adalah 70. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan kajian dokumen. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan game Fisika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Hal tersebut dilihat dari Siklus I yang menunjukkan bahwa dari 15 indikator kemapuan berpikir kritis, masih terdapat 8 indikator yang belum mencapai target. Ketercapaian masing-masing indikator yaitu 60% siswa minimal memiliki kriteria baik. Pada Siklus II semua indikator berhasil mencapai target.

Keywords

game fisika, model pembelajaran kuantum, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Cahyani, Ni Luh Ayu, M. G. Rini K., I. B. Surya M. (2014). Model Pembelajaran Quantum Melalui Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok B TK Kumara Jaya Denpasar. eJournal PGPAUD, 2 (01), 1 - 10.

DePorter, B., Reardon, S., & Nouri, S. (2000). Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas (Penerjemah: Ary Nilandari). Bandung: KAIFA.

Kusmiyati, N. E. (2016). Penerapan Quantum Teaching pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas I SDN Karangtalun Lor Tahun 2015. Jurnal Pendidikan, 1 (1), 7 – 14.

Riyani Enok E. R., Dede Tatang S., Diah Gusrayani. (2016). Penerapan Model Quantum Dengan Metode Permainan Kuis Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Memindai pada Materi Menemukan Informasi. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 911 – 920.

Tantri, Ni L., Ndara Tanggu R., Kt. Pudjawan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Bermuatan Permainan Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Jurnal Jurusan Pendididkan Guru Sekolah Dasar, 1 (1), 1 – 10.

Wijayanti, Lilis Endah. (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Dan Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Siswa Kelas XI IPS SMA Ma`arif 1 Sleman. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Winaya, I Made Astra. (2016) .Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selan Bawak. Jurnal Kajian Pendidikan, 55 – 66.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.