REMIDIASI MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi dengan penerapan remidiasi pembelajaran Fisika menggunakan model Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan pre-test & post-test. Teknik analisis data dengan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari 37,5% menjadi 75%. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 65,5 dan hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata adalah 80,3. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5%, thitung > ttabel = 3,905 > 1,694.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Nurul. 2012. Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Cahaya di MTS NU Trate Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Volume 1 Nomer 1.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fakhruddin, Asef Umar. 2010. Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Diva Press.
Hermawan. (2012). Bimbingan Belajar dan Remedial Akademik. Surakarta: UNS Press.
Mardiana, Rika, dkk. 2015. Implementasi Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMAN Plus Propinsi Riau. Universitas Riau: Riau
Pratiwi, Nurfitria Widya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Volume 3 Nomor 2 (143-148). ISSN:2302-4496.
Redja, M. 2008. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Seinindra, Helni, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap
Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MAN Prabumulih. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. ISSN: 2335-023X.
Refbacks
- There are currently no refbacks.