REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MAKE A MATCH DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 3 BOYOLALI

Irfan Bagus Irawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa setelah mengikuti remidiasi pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match dan mind mapping pada materi hukum gravitasi Newton kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kajian dokumen, dan tes. Instrumen yang digunakan divalidasi oleh dosen pembimbing dengan tahapan tertentu. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dan mind mapping pada materi materi Hukum Gravitasi Newton dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan  pada siswa kelas X MIA 4 pada tes formatif pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton. Sebelum tindakan persentase ketuntasan sebanyak 30,30 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 69,70 %, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Boyolali dapat memenuhi nilai KKM (75) yang telah ditentukan oleh sekolah setelah mengikuti kegiatan remediasi pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dan mind mapping pada materi materi Hukum Gravitasi Newton.

Keywords

Remediasi Pembelajaran Fisika, Make a Match dan Mind Mapping, Kemampuan Kognitif, Hukum Gravitasi Newton

Full Text:

PDF

References

Anonim. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Edward, Caroline. (2009). Mind Mapping Untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta:Sakti.

Khaerudin. (2007). Kurikulum Tingkat Satuam Pendidikan. Jogjakarta : Nuasa Aksara

Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press

Prabandari Mustika (2012) dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akutansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik make a match pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 5 Surakarta tahun ajaran 2011/1011”

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sri Muryani, Bambang Priyo Darmito, dan Puji Nugraheni. (2012). Pembelajaran Remidial Berbasis Multimedia Terhadap Siswa yang Melakukan Kesalahan dalam Meneyelesaikan Sol Trigonometri. Diperoleh 21 Desember 2016 dari http://ejournal.umpwr.ac.id/ ekuivalen/issue/161.html.

Suprihatin, Atin. (2007). Kesulitan Belajar dalam Menyelesaikan Soal-soal Limit pada Siswa Kelas XI SMU Palalngkaraya. Diperoleh 21 Desember 2016, dari http://fauziannor.files.wordpress.com

Wijaya, Cece. (2007). Pendidikan Remidial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.