EFEKTIVITAS REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SMA

Herti Nuryana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan kognitif peserta didik diatas Kriteria Ketuntasan Minimal pada  penerapan remidiasi dengan menggunakan model pembelajaran Time Token Arends pokok bahasan Usaha dan Energi di SMA dan mengetahui besar efektivitas peningkatan rata-rata hasil belajar remidiasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time Token Arends pokok bahasan Usaha dan Energi di SMA. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pemalang Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas X MIA 3 SMA N 1 Pemalang pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jenis desain penelitian Pre-test and Post-test Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen tes telah divalidasi oleh dosen pembimbing. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran dengan model Time Token Arends ada peningkatan kemampuan kognitif dilihat dari perolehan skor. Namun, secara statistik remediasi pembelajaran dengan model Time Token Arends tidak meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Hal ini dibuktikan melalui uji-t diperoleh (thitung=0,15) < (ttabel=1,69). Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends pada remediasi pembelajaran Fisika SMA materi Usaha dan Energi efektif dalam mengingkatkan rata-rata hasil belajar sebesar 0,45.

Keywords

remediasi pembelajaran Fisika, Time Token Arends, kemampuan kogntif, Kriteria Ketuntasan Minimal, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Tori, Diagnosis dan Implementasinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S.2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek Edisi Revisi Kelima.Jakarta:Rineka Cipta.

Ching dan Mei Cheng. 2014. Individual Differences: How Remedial Teaching Transforms Low-achievers When Learning English.Journal of Modern Education Review, USA.

Fanani, Hanif dan J. A. Pramukuntoro. 2013. Pengaruh Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK N 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 2 Nomor 2, (829-836).

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Haryoko, Sapto. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.Jurnal Edukasi Elektro Vol 5, No 1, Maret 2009, hal 1-10.

Hermawan. 2012. Bimbingan Belajar dan Remedial Akademik.Surakarta:UNS Press

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mauliza, Wulan, Muhibubuddin, dan Asiah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, Volume 1, Issue 1, hal 1-9.

Rosmaini, Darmawati, Ria Puspita Sari. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP Negeri 32 Pekanbaru. Riau: Universitas Riau Pekanbaru.

Valentina, Olivia Febrayani, Nym Jampel, I Nym Murda. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Seririt. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.