REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA

Lencana Wijayanti, Nonoh Siti Aminah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dalam remediasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Keseimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi di kelas XI MIA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan penelitian one group pretest-posttest design. Simpulan dari penelitian eksperimen adalah penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dalam pembelajaran remediasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Keseimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi di kelas XI MIA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 (thitung = 25.463 > ttabel = 1.6871). Berdasarkan uji gain ternormalisasi, diketahui bahwa siswa kelas XI MIA 1 mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar pada materi Keseimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi sebesar 0.72 dengan kategori tinggi.

Keywords

pembelajaran remedial, Creative Problem Solving (CPS), Keseimbangan Benda Tegar, Dinamika Rotasi

Full Text:

PDF

References

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hake R, Richard. (1999). Analyzing Change/Gain Score, American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Methodology, diperoleh pada 19 Desember 2016, dari http://www.physics.indiana.edu.

Hariawan, Kamaludin, & Wahyono, Unggul. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 1 (2), 48-54.

Hartantia, Restika Mauligina, dkk. (2013). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI.IA2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 100-108.

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 53 tentang Penelitian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Depdikbud.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Totiana, F., VH, Elfi Susanti, & Redjeki, Tri. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Poko Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1(1), 74079, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wen, Cheng Kai. (2011). When Creative Problem Solving Strategy Meets Web-Based Cooperative Learning Environment in Accounting Education. New Horizons In Education, 59 (1), 107. Diperoleh 9 April 2017, dari http://hkta1934.org.hk

Refbacks

  • There are currently no refbacks.