PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIC PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI KELAS XI IPA 1 SMAN 1 NGEMPLAK

Wiwid Damayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses Sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak dengan menerapkan model pembelajaran (LAPS)-Heuristic dalam pembelajaran Fisika pada materi pokok Keseimbangan dan Dinamika Rotasi.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis,  dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran (LAPS)-Heuristic pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan keterampilan proses Sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Peningkatan tersebut dapat diketahui  dari  hasil observasi keterampilan proses Sains pada Siklus I dan Siklus II di setiap aspek berturut-turut berkisar antara 4,17 % hingga 13,89 % dan 38,89 % hingga 26,39 %, serta peningkatan hasil tes keterampilan proses Sains pada Siklus I dan Siklus II di setiap aspek berturut-turut berkisar antara 2,78 % hingga 5,55 % dan 36,11% hingga 30,56%.  Hasil wawancara yang dilakukan juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses Sains siswa.  Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni sebesar 60 % dengan nilai kriteria ketuntasan minimum 70.

Keywords

LAPS-Heuristic, keterampilan proses Sains, keseimbangan dan dinamika rotasi

Full Text:

PDF

References

Anggrianto, Desi, dkk. 2016. Improving Critical Thinking Skills Using Learning Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. Journal of Education and Practice, 7(9): 128-134.

Jayanti, F dan Hidayati. 2015. Penerapan Strategi Heuristik pada Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X SMAN 9 Padang (Versi elektronik). Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 1(2): 62,65. Diperoleh 27 Desember 2016, dari http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/JRFES

Muijs & Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Terj. H.P Soetjipto dan S.M Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan 2008)

Roestiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustaman, Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Verawati, Ni Nyoman Sri Putu. 2014. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pengembangan Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa”, 1(2): 120-124.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.