PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X DI SMA BATIK 2 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran PBL melalui metode inkuiri dan eksperimen terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan, (2) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan analisis terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta, (3) mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh Interaksi model pembelajaran PBL melalui metode inkuiri dan eksperimen dengan kemampuan analisis siswa terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta.Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Simpulan dari penelitian eksperimen adalah (1) ada perbedaan pengaruh antara model PBL melalui metode inkuiri dan eksperimen terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta (Fobservasi = 12,35 > Ftabel = F0,05;1;68 = 4.00), (2) ada perbedaan pengaruh kemampuan analisis terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta (Fobservasi = 9,02 > Ftabel = F0,05;1;68= 4.00), (3) tidak ada pengaruh interaksi model PBL melalui metode inkuiri dan eksperimen dengan kemampuan analisis siswa terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta (Fobservasi = 3,29 < Ftabel = F0,05;1;68= 4.00).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen James. 2004. How do Critical Thinking Skills Enhance Student Achievment. Jurnal Online. www.eyeoneducation. 19 Desember 2016.
Analytical Skill assessment rubrics. 2007. http://uwc.edu/employess/assessment/analytical-skill, 19 Desember 2016.
Anderson, Lorin W. dan Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Alih Bahasa oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar Untuk Mengajar) Buku I. Alih Bahasa oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Awang, H. dan Ramli, I. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Social Sciences 3:1 tersedia di www.waset.org Winter.
Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University.
Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Foster, Bob. 2014. Akselerasi Fisika Jilid 2. Bandung: Penerbit Duta.
Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Edisi Kelima, Jilid 1. Alih Bahasa oleh Yuhilza Hanum. Jakarta: Erlangga.
Hariyanto dan Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif (Teori dan Assesmen). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.
Jonifan, Iin Lidya, dan Yasman. 2009. Fisika Mekanika.http://ermach.staff.gunadarma.ac.id,, 6 Desember 2016.
Lamijan. 1997. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Unipress IKIP Surabaya.
Liu, Min. 2005. Motivating Students Through Problem-based-Learning. University of Texas: Austin, 6 Desember 2016.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roestiyah, N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Serway, Raymond A. & John W. Jewett. 2009. Fisika untuk Sains dan Teknik Edisi 6 Buku 1. Alih Bahasa oleh Criswan Sungkono. Jakarta : Salemba Empat.
Sudjana. 2012. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tung, Khoe Yao. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: PT. Indeks.
Vui, Tran. 2001. Effective Mathematics Teaching Stratgies Inspiring Students: Student Centered Approach. Penang, Malaysia: Recsam.
Refbacks
- There are currently no refbacks.