PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA 5 DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, Ermi, dkk. 2012. Penerapan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ardjuna Malang. Jurnal Tidak Dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Chasiyah, dkk. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Choirina, Ayu Izzaty. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada Standara Menganalisis Rangkaian Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pemekasan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03 (03):499-507.
Murti, Pratiwi Restu, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIA 7 di SMA Negeri 1 Karanganyar pada Materi Pokok Fluida Statis. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) ke-6., hlm. 97-103. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Tilaar, Anetha L. 2014. Effect of Cooperative Learning of Team Assisted Individualization (TAI) and the Performance Assessment of Learning Achievement to Linear Program Course. International Journal of Science and Engineering Investigations, 3 (24):25-29.
Tinungki, Georgina Maria. 2015. The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice, 6 (32):27-31.
Slavin, Robert A. 2009. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik (diterjemahkan oleh Nurulita). Bandung: Nusa Media.
Sardiman A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarata: Rajawali Pers.
Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, CV.
Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Penerbit Tarsito.
Yanto, Medi. 2013. Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.