PENGARUH EKSPERIMENTASI INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA

Ade Febri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis: (1) pengaruh antara penggunaan antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Learning Cycle 7E terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) pengaruh antara motivasi belajar siswa tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen I dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Sebelum diberikan perlakuan, pada kedua sampel dilakukan uji beda rerata menggunakan uji-t dua ekor yang didahului oleh uji prasyarat analisis normalitas dan homogenitas. Hasil yang didapatkan berdasarkan perhitungan prasyarat analisis adalah kedua kelas normal dan homogen. Sedangkan hasil yang didapatkan melalui uji-t dua ekor adalah kedua kelas tidak memiliki perbedaan keadaan awal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan kajian dokumentasi. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama. Simpulan dari penelitian eksperimen ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Learning Cycle 7E terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa.

Keywords

Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Learning Cycle 7E, motivasi belajar, kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References

Adilah, D. N. & Pujayanto. 2015. Eksperimen Blended Learning dan Learning Cycle 7E pada Sub Tema Pengelolaan Sampah Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 6 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 6 (1), 275 - 281.

Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balta, N. & Sarac, H. 2016. The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research. 5(2), 61-72.

Banchi, H. & Bell, R. 2008. The Many Levels of Inquiry. Science and Children. 26-29.

Colburn, A. 2000. An Inquiry Primer. Science Scope. 42-44.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. 70(6), 56-59.

Fitriyani, S., Sudin, A., Sujana, A. 2016. Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA SDN I Depok Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1), 511-520.

Imaniyah, I., Siswoyo, & Bakri, F. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 1 (1), 17-24.

Matthew, B. M. & Kenneth I. 2013. A Study on The Effects of Guided Inquiry Teaching Method on Students Achievement in Logic. International Researcher. 2 (2), 135-140.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pantiwati, Y. 2016. Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran dengan Model Pembelajaran 7E Berbasis Kreativitas. Proceding Biology Education Conference. 13(1), 461-467.

Riyani, Y. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Eksos. 8(1), 19-25

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.