PEMBELAJARAN FISIKA STRATEGI GASING UNTUK SMA KELAS X DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI PADA DINAMIKA GERAK LURUS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rifai Hari Setyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui adanya 1) perbedaan pengaruh antara penggunaan Pembelajaran Fisika GASING menggunakan metode eksperimen dan diskusi terhadap kemampuan kognitif siswa, 2) perbedaan pengaruh motivasi belajar yang sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik terhadap kemampuan kognitif siswa, dan 3) perbedaan pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran Fisika Gasing menggunakan metode eksperimen dan diskusi dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri Baturetno Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel kelas diambil secara acak/Random Cluster Sampling dan terpilih dua sampel yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 6. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan diskusi dengan desain faktorial 2x5. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa dan teknik angket untuk data motivasi belajar siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan kognitif antara kegiatan Pembelajaran Fisika GASING yang menggunakan metode eksperimen dan diskusi terhadap kemampuan kognitif siswa (FA = 27.7658 > F0.05; 1,59 = 7,08), metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan metode diskusi untuk materi gaya; 2) ada perbedaan kemampuan kognitif yang signifikan antara siswa dengan motivasi belajar yang sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik terhadap kemampuan kognitif siswa (FB = 424.176 > F0.05; 2,59  = 3,65), semakin baik motivasi maka semakin baik pula kemampuan kognitif siswa; dan 3) tidak ada interaksi pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran Fisika Gasing menggunakan metode eksperimen dan diskusi dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa (FAB = -2.6894 < F0.05; 2,59  = 3,65).

Keywords

strategi gasing; eksperimen; diskusi

Full Text:

PDF

References

Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian, Edisi ke-2. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Siti Rizanatul Faizan. 2008. Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man 1 Purwodadi Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Pokok Gerak (Skripsi). Semarang: UIN

Drs. Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bina Aksara

Surya, Yohanes. 2006. IPA Fisika Gasing. Jakarta: PT. Grasindo

Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wasty Soemanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.