PENERAPAN MODEL INVITATION INTO INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 SURAKARTA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS

Ari Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model invitation into inquiry pada materi pokok elastisitas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 sebanyak 28 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model invitation into inquiry dalam pembelajaran Fisika dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta pada materi pokok Elastisitas. Hal ini ditunjukan dari hasil tes kemampuan kognitif siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II, dengan persentase siswa yang tuntas pada siklus I mencapai 50% dan pada siklus II mencapai 89,29%.

Keywords

model invitation into inquiry; kemampuan kognitif; elastisitas

Full Text:

PDF

References

Afifa, Megantara. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sel Melalui Praktikum Berbasis Invitation Into Inquiry. Skripsi Tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asrori, Moh. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Yogyakarta: Multi Press.

Djamarah, Syaiful & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, J.L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nonoh Siti Aminah. (2012). Dasar-Dasar Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Pembelajaran Fisika. Surakarta: UNS Press.

Nurhasanah, Yovi. (2011). Penerapan Metode Invitation Into Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rustaman, Nuryani Y. (2005). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 22-23 Juli.

Sofiah, Elfa. (2011). Pengaruh Metode Invitation IntoInquiry terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Steve Olson and Susan Loucks-Horsley. (2013). Inkuiri dan Standar-standar Pendidikan Sains Nasional, Sebuah Panduan untuk Pengajaran dan Pembelajaran. Terj. Prof. Dr. Ismunandar. Bandung: SEAMEO QITEP in Science.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.